11 Kelompok Tani di Lembata Dapat Bantuan Alsintan dari Julie Sutrisno Laiskodat

11 Kelompok Tani di Lembata Dapat Bantuan Alsintan dari Julie Sutrisno Laiskodat
Kanisius Tuaq, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata.

 

Lembatanews.com – Sebanyak 11 kelompok tani di Kabupaten Lembata mendapatkan bantuan peralatan mesin pertanian (Alsintan) dari anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Julie Sutrisno Laiskodat. Bantuan yang diberikan berupa traktor roda empat dan roda dua atau hand traktor, hand prayer, dan cultivator.

Menurut rencana, serah terima bantuan Alsintan dari Bunda Julie Sutrisno Laiskodat akan dilangsungkan pada Kamis, 28 Oktober 2021 bertempat di kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata.

Sepuluh kelompok yang akan menerima bantuan Alsintan yakni Kelompok Tani Sonata, Desa Balirebong, Lebatukan (traktor roda dua dan hand sprayer). Kelompok Tani Brebong Wolo, Desa Balirebong, Lebatukan (traktor roda dua dan hand sprayer). Kelompok Tani Mata Hati, Desa Nilanapo, Omesuri (traktor roda dua dan hand sprayer). Kelompok Tani Lata Lema, Desa Jontona, Ile Ape Timur (traktor roda dua dan hand sprayer). Kelompok Tani Onga Tukan, Desa Watodiri, Ile Ape (pompa air). Kelompok Tani Ema Pia, Kelurahan Lewoleba Utara, Nubatukan (pompa air). Kelompok Tani Ema Pia 2, Kelurahan Lewoleba Utara, Nubatukan (cultivator). Kelompok Tani Nila, Kelurahan Lewoleba Utara, Nubatukan (cultivator). Kelompok Tani Jodi Lima, Waijarang, Nubatukan (cultivator), dan Kelompok Tani Brigade Alsintan, Kelurahan Lewoleba Timur, Nubatukan (cultivator dan hand sprayer).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata Kanisius Tuaq di ruang kerjanya, Selasa, 26 Oktober 2021 saat menerima jajaran pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Lembata


menjelaskan, terkait penyerahan bantuan peralatan pertanian, ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Bupati Lembata Thomas Ola Langodai. Sesuai arahan Bupati, penyerahan dilakukan pada Rabu atau Kamis, setelah ia pulang dari tugas.

Karena itu, lanjutnya, ia menjadwalkan penyerahan bantuan pada Kamis, 28 Oktober dan langsung diserahkan oleh Bupati kepada 10 kelompok penerima. Acara penyerahan bantuan dipusatkan di kantor dinas.

Dikatakannya, seharusnya ada 11 kelompok penerima bantuan. Hanya saja dalam penyerahan kali ini hanya sepuluh kelompok. Satu kelompok penerima traktor roda empat belum dapat diserahterimakan karena masih ada perbaikan oleh tim teknis pada traktor yang sudah didatangkan itu.

Dia berharap, dengan penyerahan bantuan alsintan dimaksud, dapat dimanfaatkan secara baik oleh kelompok dan mampu meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Ke depan ia mengharapkan agar setelah bantuan Alsintan telah memadai, para legislator di Senayan dari NTT dapat membantu memperjuangkan bantuan di bidang pertanian lainnya terutama sumur bor dan pompa air solar cell. Me go hat, kesulitan utama para petani selama ini selain peralatan dan mesin pertanian, juga masalah air. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *