14 Jemaah Haji Diterima Kembali di Lembata

14 Jemaah Haji Diterima Kembali di Lembata

Lembatanews.com – Setelah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, sebanyak 14 jemaah haji asal Kabupaten Lembata diterima kembali ke lewotana oleh Pemerintah Kabupaten ((Pemkab) Lembata pada Kamis (12 September 2019). Seremonial penerimaan kembali marak jemaah haji asal Lembata dilaksanakan di aula kantor Bupati Lembata.

Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langodai saat menerima para jemaah haji mengatakan, dengan kembalinya 14 haji dan hajah yang baru kembali menunaikan ibadah haji, maka akan menambah tokoh umat yang jadi tauladan bagi masyarakat dan membantu pemda menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat Lembata

Esensi ritual haji, kata Wabup Langodai, adalah evolusi eksistensi manusia menghadap Allah dan menjalani ibadah haji adalah jatah masuk surga dan eksistensinya ada di sini.

Diuraikannyq, ibadah haji merupakan drama simbolik dari penciptaan Adam dan Hawa. Menunaikan ibadah haji adalah perjalanan kehidupan, perjalanan totalitas diri, aktualisasi diri bagi umat muslimin dan muslimat.

“Menjalankan ibadah haji mengisyaratkan bahwa kesanggupan rohani yang diusahakan dengan menjalani ibadah dan syarat wajib haji maka menjalankan ibadah haji memiliki makna penting menangkap pesan.moral dan makna di balik ritual ibadah haji,” katanya.

Dikatakannya, sesuai laporan Kepala Kantor Kementerian Agama Lembata menyebutkan bahwa akan ada penambahan kuota haji Lembata. Untuk itu, ia meminta kepada Sekda dan Bagian pemerintahan untuk mulai membangun komunikasi dan memperhitungkan angaran untuk transportasi para calon jemaah haji tahun 2020.

Ketua Sementara DPRD Lembata Abubakar Sulang mengatakan, memaknai peristiwa iman sesungguhnya peristiwa indah terutama bagi yang menunaikan panggilan ibadah haji.

Dikatakannya Lembata merupakan daerah yang majemuk dan hidup berdampingam. Umat Islam selalu terlibat dalam kegiatan agama lain, demikianpun saat umat Islam melakukan kegiatan, umat agama lain ikut mlterlibat.

Hal itu juga tampak pada penjemputan jemaah haji asal Lembata. “Ini kegiatan keimanan yang melibatkan seluruh komponen umat beragama menunjukkan kerukunan dan toleransi umat beragama di Lembata yang harus dipertahankan demi pembangunan masyarakat Lembata,” kata Abubakar. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *