Bupati Panen Bawang ini Pesan Rudi Ismail

Lembatanews.com – Bupati Lembata Eliaaser Yentji Sunur didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lembata dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Lembata memanen bawang di kebun kelompok Kuma Leu, Desa Waijarang, Kecamatan Nubatukan, Jumat (2 Agustus 2019). Bawang merah yang ditanam  di atas lahan seluas 0;4 hektare mampu menghasilkan 3 ton bawang merah.

Ini pesan Rudi Ismail, petani bawang merah kelompok Kuma Leu kepada masyarakat Kabupaten Lembata.

Menurut Rudi Ismail, petani bawang asal Bima ini, lahan tidur di Lembata sangat bagus untuk pengembangan bawang merah. Hanya saja, masyarakat belum terbiasa mengembangkan bawang merah. Masyarakat masih lebih memilih bekerja ke luar daerah.

“Di Kalimantan mereka bisa digaji sampai Rp5 juta. Padahal kalau mau tanam bawang di sini, satu kali panen mereka bisa dapat sampai Rp60 juta,” kata Ismail.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur yang ada untuk budidaya bawang merah.

Bupati Lembata mengatakan, bawang merah di Lembata diupayakan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Lembata. Setelah surplus baru dapat dipasarkan ke luar seperti di Flores Tinur.

Sekarang ini, lanjutnya, bawang merah Lembata sudah mulai dikenal di Flotim. Bawang Lembata sudah cukup terkenal di Flotim. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *