2020 Lembata Jalankan Pemerintahan Berbasis Elektronik

2020 Lembata Jalankan Pemerintahan Berbasis Elektronik

Lembatanews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata menargetkan pada 2020 mendatang Kabupaten Lembata telah menjalankan pemerintahan berbasis elektronik. Saat ini upaya ke arah itu sedang dilakukan dengan mengintegrasikan sistem jaringan ke seluruh OPD di lingkup Pemkab Lembata.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Lembata Markus Labi kepada wartawan, Selasa (9 Juli 2019).

Dijelaskannya, saat inirencana induk atau blue print e-goverment sudah diselesaikan dan pihaknya sedang mempersiapkan draf peraturan bupati (Perbup) untuk diajukan kepada bipati untuk ditetapkan sebagai landasan pengoperasionalan e-goverment.

Markus menguraikan, sejak 2018, sistem jaringan penunjang e-goverment sudah terpasang di 13 OPD dan pada 2019 ditambah lagi lima OPD sehingga sudah tersistem sebanyak 18 OPD. Target ke depan adalah mengintegrasikan infrastruktur jaringan e-goverment tersebut bisa sampai ke kecamatan.

“Target kita pada 2020 itu seluruh kecamatan sudah terpasang infrastruktur jaringan untuj implementasi e-goverment sampai di tingkat kecamatan,” kata Markus.

Terkait implementasinya, ia menggambarkan bahwa akan dikelola oleh masing-masing dinas sedangkan aplikasinya diintegrasikan di Dinas Kominfo agar terbaca secara terpusat.

Misalnya untuk e-planning berada di Bappeda, e-budgeting ditangani Badan Keuangan Daerah, e-SDM di Badan Kepegawaian dan PSDM, dan untuk e-KTP ditangani di Dispendukcapil. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *