Bala Wukak Perjuangkan Bantuan Fasilitas bagi Pengungsi di Rumah Penduduk

Bala Wukak Perjuangkan Bantuan Fasilitas bagi Pengungsi di Rumah Penduduk

Bala Wukak Perjuangkan Bantuan Fasilitas bagi Pengungsi di Rumah Penduduk

Lembatanews.com – Anggota Komisi III DPRD Lembata Petrus Bala Wukak yang pada Senin, 7 Desember 2020 ikut mendampingi Tim Keselamatan Tanggap Darurat Bencana Erupsi Ile Lewotolok saat melakukan swab rapid test para pengungsi di rumah-rumah penduduk, melakukan pemantauan kondisi rumah yang menampung para pengungsi.

Bala Wukak juga berdialog dengan para pengungsi dan pemilik rumah terkait bantuan yang sudah diperoleh dan kekurangan yang perlu dibantu.

Dari pemantauannya, ia mendapati bahwa ada rumah yang sebenarnya tidak layak menampung pengungsi dalam jumlah yang banyak karena menyebabkan mereka harus tidur berdesak-desakan di ruangan yang sempit.

Selain itu, ia juga mendapati kondisi MCK yang tidak memadai, yang sangat menyulitkan para pengungsi.

Karena itu, kepada pemilik rumah ia menyarankan agar sejumlah pengungsi ditarik dan ditampung di pos penampungan resmi yang disiapkan oleh pemerintah.

Sementara di rumah warga linnya yang menampung par pengungsi, ia mendapati adanya pengungsi difabel yang membutuhkan kursi roda. Selain itu, ada juga rumah yang perlu ditambahkan tikar, kasus dan bantal agar para pengungsi bisa tidur dengan lebih nyaman.

Temuan-temuan tersebut dibawa Bala Wukak dalam rapat evaluasi dan koordinasi di posko utama.

“Saya harap, kalau masih ada kursi roda mereka bisa dibantu, juga kalau ada kasur dan bantal bisa diberikan kepada pengungsi yang ditampung di rumah penduduk,” tegas Bala Wukak. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *