Bantuan Bermunculan, Solidaritas Antarkecamatan Sikapi Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok

Bantuan Bermunculan, Solidaritas Antarkecamatan Sikapi Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok
Aktivitas di dapur umum posko utama eks kantor bupati menyiapkan makanan bagi pengungsi erupsi Gunung Api Ile Lewotolok, Senin, 30 November 2020.

Lembatanews.com – Peristiwa erupsi Gunung Api Ile Lewotolok di Ile Ape, Kabupaten Lembata mendapatkan atensi luar biasa dari masyarakat di wilayah kecamatan lain se-Kabupaten Lembata. Setiap camat menggalang bantuan dari desa-desa untuk kemudian disalurkan ke posko utama di eks kantor bupati untuk diolah dan dibagikan kepada para pengungsi.

Bantuan pertama datang dari Kecamatan Omesuri. Camat langsung menginstruksikan kepala desa Wailolong untuk mendroping kayu bakar ke Lewoleba. Warga juga langsung mengumpulkan pisang untuk didistribusikan ke posko utama Lewoleba.

Camat Omesuri Elmandiri kepada lembatanews.com, Senin, 30 November 2020 menjelaskan, pemerintah desa sedang menggalang bantuan dari masyarakat. Bantuan berupa pangan lokal, seperti jagung, pisang, uni kayu, juga beras dan mie instan.

Bantuan yang sudah dihimpun dari Desa Leubatang, Omesuri, Senin, 30 November 2020.

“Kemarin Desa Wailolong sudah drop satu pick up. Hari ini desa-desa lain menyusul. Sekarang kita masih terus galang,” kata Elmandiri.

Desa-desa yang sudah dan s sang mengumpulkan bantuan, di antaranya, Desa Mahal, Wowong, Meluwiting 1, Wailolong, dan Desa Leubatang.

Ia menambahkan, pangan lokal dimaksud setelah dikonfirmasi ke Posko Bantuan melalui camat akan diangkut oleh kendaraan Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD) Kabupaten Lembata.

Menurut rencana, terang Elamandiri, setelah dihimpun semua bantuan, baru pada Selasa, 1 Desember 2020 didistribusikan ke posko utama di Lewoleba.

Pantauan di posko utama eks kantor bupati, bantuan sembako dan peralatan terus berdatangan.

Dapur umum di posko utama juga terus beraktivitas menyiapkan makanan bagi para pengungsi. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *