BPOLBF Gelar Tour de Floratama 2021 di Lembata

BPOLBF Gelar Tour de Floratama 2021 di Lembata
Ilustrasi, panorama Pantai Lewolein, Desa Dikesare, Kecamatan Lebatukan.

 

Lembatanews.com – Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menggelar Tour de Floratama 2021 Kabupaten Lembata. Tour dimaksud bertujuan mengidentifikasi peluang dan situasi terkini (isu dan kendala) terkait
kepariwisataan dan ekonomi kreatif dalam upaya percepatan pembangunan pariwisata di Kabupaten Lembata.

Direktur Industri dan Kelembagaan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores Neysa Amelia dalam kerangka acuan kegiatan yang diterima Lembatanews.com, Selasa, 1 Juni 2021 menjelaskan, Divisi Investasi merencanakan program bertajuk “Tour de Floratama 2021”.

“Tour de Floratama 2021 merupakan serangkaian kegiatan roadshow ke 11
Kabupaten se Floratama dengan tujuan teknis Koordinasi dan kolaborasi perencanaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama pentahelix di setiap 11 Kabupaten,” terangnya.

Kali ini, lanjutnya, TDF pertama digelar di satu Kabupaten yakni Kabupaten Lembata. Dengan demikian, Tour de Floratama 2021 diharapkan bisa menjadi wadah bersama pentahelix untuk menganalisa potensi, kendala dan peluang pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Lembata sehingga mampu merumuskan dan menyepakati perencanaan dan strategi yang kompatibel dan berkelanjutan di Kabupaten Lembata.

Tour de Floratama 2021 Kabupaten Lembata ini untuk mengidentifikasi potensi dan situasi terkini (isu dan kendala) terkait
rencana, serta merumuskan langkah-langkah terobosan yang harus diambil
dalam rangka percepatan pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif di
Kabupaten Lembata serta meningkatkan sinergitas di antara pentahelix di
antaranya pemerintah, media, investor/pengusaha, kelompok masyarakat dan
akademisi.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Tour de Floratama 2021 Kabupaten Lembata antara lain, mengidentifikasi peluang dan situasi terkini (isu dan kendala) terkait kepariwisataan dan ekonomi kreatif dalam upaya percepatan pembangunan pariwisata di Kabupaten Lembata. Focus Group Discussion (FGD) Pemerintah Daerah Lembata dan Pemerintah Pusat dalam hal ini diwakili oleh BOPLBF dalam upaya merencanakan, menganalisis dan merealisasikan Integrated Tourism Master Plan (ITMP) demi mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Floratama.

Dikatakannya, penerima manfaat kegiatan Tour de Floratama 2021 Kabupaten Flores Timur dan Lembata ini adalah masyarakat, Pemerintah Daerah, pelaku usaha, investor atau pengusaha serta komunitas akademis di wilayah Kabupaten Lembata.

Dari kegiatan ya g dilaksanakan, keluaran yang diharapkan berupa terlaksananya Rapat Koordinasi Pokja Percepatan Pembangunan, pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Terbentuknya Pokja Percepatan. Selain itu adanya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Lembata, dan terbentuknya kelompok kerja (Pokja) Percepatan Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Lembata dengan melibatkan sejumlah OPD yang berkaitan dengan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta terlaksananya Forum Floratama di Kabupaten Lembata sebagai forum bersama pentahelix untuk menganalisa peluang, kendala dan kapasitas, serta merumuskan perencanaan percepatan kepariwisataan dan ekonomi kreatif di masing-masing Kabupaten.

Keluaran lain yang diharapkan juga adalah terlaksananya Penandatanganan MoU Percepatan Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Lembata.

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo-Flores memiliki dua fungsi utama yakni otoritatif dan koordinatif dengan wilayah koordinatif 11 Kabupaten atau dikenal dengan akronim Floratama (Flores, Alor, Lembata dan Bima).

Sebagaimana diamanatkan dalam Perpres Nomor 32 Tahun 2018, dalam Pasal 23 yang berbunyi “Dalam rangka penyelenggaraan pembangunan, pengelolaan sarana dan prasarana, dan atau operasional lainnya pada kawasan Pariwisata Labuan Bajo Flores kepada Badan Pelaksana sebagai pemegang hak pengelolaan untuk perencanaan, penggunaan, dan kerja sama pengelolaan dengan pemangku kepentingan. Termasuk fungsi koordinatif yang berkaitan dengan peran koordinasi, sinkronisasi dan fasilitasi pemangku kepentingan terhadap perencanaan dan pengembangan dan upaya investasi Pariwisata,”

Tour de Floratama 2021 dilaksanakan mulai 31 Mei 2021 sampai dengan 5 Juni 2021 bertempat di Lewolein, Desa Dikesare, Kecamatan Lebatukan. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *