Bung Ribiq, Pukau Penonton di Arena Expo Budaya Uyelewun Raya

Bung Ribiq, Pukau Penonton di Arena Expo Budaya Uyelewun Raya

Lembatanews.com – Memasuki hari kedua pelaksanaan Expo Budaya Uyelewun Raya 2019 di Aliuroba, Desa Benihading 1, Kecamatan Buyasuri, Kabupaten Lembata, Jumat (18 Oktober 2019), suguhan tarian dan atraksi khas Kedang masih terus dipertunjukkan. Selain permainan tradisional, tarian dan sejumlah acara ditampilkan oleh peserta dari desa-desa yang ada di kaki Gunung Uyelewun.

Salah satu tarian yang ditampilkan adalah Bung-Ribiq yang dibawakan oleh Desa Buriwutun, Kecamatan Buyasuri. Tarian yang mengisahkan kehidupan leluhur di masa lalu yakni Area Ula yang dicincang dan dihamburkan itu memukau para penikmat seni budaya yang memadati arena Expo Budaya Uyelewun Raya.

Klemens Tuaq Bao, pelantun syair-syair dalam Bung-Ribiq mengatakan, tarian yang dibawakan itu merupakan kisah leluhur Area Ulang yang tubuhnya dicincang dan dihamburkan.

Dari tubuhnya yang dihamburkan itu, pada keesokannya telah tumbuh aneka tanaman berbiji, seperti kacang-kacangan, jagung, dan padi. Tanaman itu kemudian dimanfaatkan keturunan Are Ula untuk kehidupan mereka.

Syair di dalam lagu yang dibawakan dalam tarian Bung-Ribiq menceritakan turunan Buriwutun yang terdiri atas empat suku besar dari leluhur ‘Ei Beni’ yakni ‘Kora Rian’, ‘Nowin Rian’, ‘Lia Rian’ dan ‘Lolon Rian”.

Lantunan suara dipadu gerakan dan tari setengah lingkaran saling berpegangan tangan perempuan dan laki-laki yang ritmik sangat menghibur.

Selain Bung Ribiq, ada pula tarian khas Kedang lainnya yang ditampilkan yakni Hamang Suduq’ dan Soleq. Suduq dan Soleq bahkan mendominasi dalam ajang Expo Budaya karena banyak desa yang menampilkannya.

Hamang Suduq dan Soleq merupakan ekspresi kegembiraan yang dilancarkan lewat tarian dan lagu dan saling berbalas pantun dan membawa pesan persatuan, persaudaraan dan motivasi untuk menjaga solidaritas serta semangat membangun. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *