Cegah Penyebaran Covid-19, Plt Bupati Thomas Ola Minta ASN jadi Garda Terdepan

Cegah Penyebaran Covid-19, Plt Bupati Thomas Ola Minta ASN jadi Garda Terdepan
Plt Bupati Lembata Thomas Ola Langodai
 

Lembatanews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lembata Thomas Ola Langodai meminta aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata menjadi teladan dan garda terdepan terutama soal  protokol kesehatan dalam rangka peningkatan dan peran Aparatur Sipil Negara terkait pencegahan dan pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Penegasan Plt Bupati Lembata Thomas Ola Langodai itu tertuang dalam Surat Edaran tertanggal 29 Juli 2021 Nomor: BU.060/1598/80/VII/2021.

Dalam Surat Edaran itu, Thomas Ola secara tegas meminta ASN dalam interaksi sosial baik di lingkungan kerja maupun di kehidupan sosial harian harus terus menjaga dan menerapkan standar hidup sesuai protokol kesehatan.

Ia juga mengingatkan agar ASN harus tetap menerapkan perilaku hidup sehat secara ketat dengan menggunakan masker secara benar ketika berada di rumah dan di luar rumah. Selain itu mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir dan sosial distance ketika berkomunikasi serta menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas dan interaksi menjadi hal yang harus serius diperhatikan.

Sementara di lingkungan ASN berkantor, hal prinsip yang harus diperhatikan dan tetap terus dilakukan adalah juga mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir ketika tiba di kantor, mrminimalisir frekuensi menyentuh fasilitas yang digunakan bersama di area kerja, menggunakan hand sanitizer secara rutin, membersihkan meja atau area kerja dengan disinfektan, menjaga jarak maksimal satu meter dengan rekan kerja, mengusahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruang kerja, tidak berjabat tangan dengan pegawai lain, memakai masker double sesuai standar selama menjalankan aktivitas.

Selanjutnya, para ASN juga harus  memperhatikan”standar” Prokes ketika tiba di rumah dengan terlebih dahulu membersihkan diri dan mengganti pakaian kerja sebelum bersentuhan, mencuci pakaian dan masker dengan detergen, masker yang sudah dipakai (sekali pakai) agar digunting dan dibasahi disinfektan sebelum dibuang untuk mencegah penularan kepada petugas pengelola sampah, juga membersihkan peralatan yang digunakan saat melakukan aktivitas di kantor seperti telepon genggam, tas yang telah digunakan.

“Penerapan protokol kesehatan ini sesuai standar protokol kesehatan nasional, karena itu ASN diharapkan berperan aktif mengajak masyarakat di lingkungan tempat tinggal untuk secara bersama-sama melakukan upaya pencegahan termasuk dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi,” tegas Thomas Ola.

Empat Meninggal Sehari
Pada Kamis, 29 Juli 2021, empat orang pasien Covid-19 meninggal dunia di RSUD Lewoleba. Empat pasien Covid-19 yang meninggal dunia tersebut , tiga orang dirawat di ruang isolasi dan satu pasien di rawat di IGD RSUD Lewoleba.

Direktur RSUD Lewoleba dr Bernard Yoseph Beda menjelaskan, empat pasien Covid-19 memiliki sakit penyerta.

Pihak rumah sakit, terangnya, selama ini berusaha sekuat tenaga untuk merawat mereka.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mentaati prokes guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lembata. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *