Dewan dan Bupati Tandatangani Kesepakatan KU-PPAS APBD TA 2020

Dewan dan Bupati Tandatangani Kesepakatan KU-PPAS APBD TA 2020

Lembatanews.com – Setelah melalui proses pembajasan bersama antara Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Lembata selama lebuh kurang dua minggu, kebijakan umum anggaran dan plafon prioritas anggaran sementara (KU-PPAS) APBD Tahun Anggaran (TA) 2020 akhirnya ditetapkan dan ditandatangani nota kesepakatan KU-PPAS APBD TA 2020. Penandatanganan dilangsungkan dalam rapat paripurna XIV DPRD Lembata oleh pimpinan DPRD dan Bupati Lembata.

Sebelum dilakukan penandatangan, terlebih dahulu digelar rapat paripurna XIII dengan agenda penyampaian pendapat Banggar terhadap Rancangan Kebijakan Umum dan PPAS APBD Lembata 2020. Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Paulus Makarius Dolu didampingi Wakil Ketua I Yohanes de Rosari.

Rapat pada Kamis (1 Agustus 2019) dihadiri Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, Plt Sekda Anthanasius Aur Amuntoda, para staf ahli bupati, asisten Sekda dan pimpunan OPD lingkup Penkab Lembata.

Frans Wuhan, juru bicara Banggar Dewan dalam laporan Banggar mengingatkan pemerintah sebagai eksekutor harus benar-benar mendudukan perencanaan sebaik mungkin dan menghindari perubahan-perubahan dalam APBD yang telah dibahas, disepakati dan ditetapkan beraama Dewan. Pemerintah juga harus memperhatikan sinkronisasi dan konsistensi terhadap keseluruhan dokumen perencanaan sehingga tidak menjadi persoalan si kedua lembaga ini.

“Hal yang paling penting adalah bahwa rakyat harus menjadi prioritas dalam keseluruhan proses pembangunan atau dengan kta lain rakyat jangan hanya dijadikan objek penganggaran untuk kepentingan segelintir orang,” tegas Banggar Dewan sebagaimana disampaikan Frans. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *