Dinas Pertanian Siapkan 10 Hektare Demplot Bawang Putih

Dinas Pertanian Siapkan 10 Hektare Demplot Bawang Putih

Lembatanews.com – Pengambangan bawang di Kabupaten Lembata tidak hanya fokus pada pengembangan bawang merah. Dinas Pertanian juga sudah mulai mengembangkan bawang putih. Untuk 2019 ini, dinas telah menyiapkan 10 hektare demplot pengembangan bawang putih.

Demikian dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanin Kabupaten Lembata drh Mathias AK Beyeng di ruang kerjanga, kemarin.

Menurutnya, 10 hektare demplot yang disiapkan itu tersebar di Desa Tubukrajan, Kolileek dan Desa Baolangu.

“Saat ini sudah umur 50 hari. Panen 100 hari. Kalau dari hasil demplot diharapkan cari metode terbaik sesuai tempat dan 2020 rencana kembangkan lima hektare. Ini dananya dari APBD II,” terang Beyeng.

Diakuinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT juga tertarik untuk mendukung pengembangan bawang putih di Lembata. Ia berharap, Pemprov bisa masuk sehingga tahun ini bisa mandiri bawang merah dan tahun depan (2020) sudah bisa mandiri bawang putih.

“Sehingga desainnya dimasukkan dalam APBD Tahun Anggaran 2020,” katanya.

Produksi bawang putih dan bawang merah, lanjutnya, sudah mulai diatur siklus penanamannya secara baik. Sehingga dia yakin dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal dari produksi sendiri.

Selain mengembangnan bawang merah dan bawang putih, Dinas Pertanian juga mengembangkab cabai. Tahun ini saja dinas telah mengembangkan tanaman cabai pada lahan 20 hektare didukung tambahan dari APBD 10 hektare sehingga total lahan cabai sebanyak 30 hektare.(tim)

1 Komentar


  1. Terimakasih kepada pemerintah kab.Lembata beserta dinas yang terkait punya program disektor pertanian yang berhubungan dengan pengembangan & pembudidayaan bawang merah & bawang putih agar bisa memenuhi paling tidak kebutuhan masyarakat Lembata khususnya.semoga banyak lagi ide program pada sektor yang lain selain proram yang sudah dijalankan….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *