E-Goverment Jadikan Lembata Miliki Satu Data

E-Goverment Jadikan Lembata Miliki Satu Data

Lembatanews.com – Pemeribtah Kabuoaten Lembata saat ini tengah gencar melaksanakan e-goverment. Sebab, melalui e-govement pemerintah akan memiliki satu data yang sama, baik tentang kemiskinan, kesehatan, pangan, perumahan dan lainnya. Sehingga, mempermudah pemerintah dalam menyusun perencanaan melalui program dan kegiatan yang lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan.

Demikian dikatakan Staf Ahli Bupati Bidang Daya Saing Daerah Siprianus Meru saat membuka Presentasi Rencana Induk Pengembangan e-Goverment di Kabupaten Lembata, Selasa (9/7) di aula kantor Bupati Lembata,

Pemkab Lembata memandang perlu untuk segera memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan menerapkan e-goverment untuk mendukung peningkatan kinerja birokrasi pemerintah, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik yang terpadu dan efektif di lingkungan kerja pemerintah daerah.

Karenanya, kegiatan presentasi merupakan titik awal dalam pengembangan e-goverment di Lembata, sehingga dibutuhkan dukungan berupa masukan-masukan yang konstruktif guna melengkapi rencana induk pengembangan e-goverment.

“Saat ini dibutuhkan lompatan besar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Tuntutan akan penyelengaraan pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean goverment) mengharuskan dilakukan inovasi dan terobosan besar dalam tata kelola pemerintahan,” terangnya.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, urai Meru, membawa pada era keterbukaan. Masyarakat terlibat langsung dalam mengawal kinerja pemerintah. Penetapan e-goverment akan menjawab kebutuhan publik yang menginginkan adanya proses data yang cepat dan informasi yang tepat. E-goverment diperlukan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga, menumbuhkan kepercayaan publik terhadap citra pelayanan pemerintah. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *