Fraternity Marching Band Juara Lomba Marching Band

Fraternity Marching Band Juara Lomba Marching Band

Lembatanews.com – Fraternity Marching Band, marching band kebanggan SMA Frater Don Bosco Lewoleba, Lembata keluar sebagai juara pertama lomba marching band dalam rangka Festival Tiga Gunung (F3G) yang dihelat Selasa (27 Agustus 2019).

Lomba marching band diikuti tujuh peserta. Para peserta dilepas di simpang tiga Wangatoa dan beratraksi sepanjang jalan menuju Lapangan Harnus di kompleks Pelabuhan Lewoleba.

Sesampainya di Lapangan Harnus, para peserta diberikan kesempatan untuk menunjukkan kebolehan dan kekompakan tim dalam atraksi display.

Tim juri lalu menetapkan Fraternal Matching Band meraih peringkat pertama, disusul Marching Band SMAN 2 Nubatukan di peringkat kedua, peringkat ketiga Marching Band SMP Santa Theresia, dan peringkat keempat Marching Band SMAN 1 Nubatukan.

Atraksi marching band mendapat sambutan luar biasa. Warga antusias menyaksikan sejak pelepasan dari simpang tiga Wangatoa hingga Lapangan Harnus.

Staf Ahli Bupati Lembata Rafael Rolli Betekeneng saat membacakan sambutan Bupati Lembata mengatakan, fenomena fanatisme kelompok, penolakan terhadap kemajemukan dan tindakan teror yang sering terjadi menunjukkan bahwa obsesi membangun budaya demokrasi yang beradab, etis, dan eksotis masih jauh dari kenyataan. Selain itu, demokrasi yang diidolakan hanya dijadikan sebagai jalur pengabaian terhadap hak-hak sipil.

“Hilangnya integritas terhadap nilai-nilai kebangsaan/nasionalisme dan patriotisme menyebabkan kondisi kebangsaan dan kenegaraan menjadi penuh anomali yang menyimpang dari hakekat sebenarnya. Sehingga, membahayakan eksistensi negara karena mengancam keutuhan dan kedaulatan negara,” tegas Rolli.

Ia berharap, lomba marching band benar-benar dimaknai secara baik sehingga roh atau tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan dapat terwujud, yaitu memperkuat pemahaman dan penghayatan wawasan kebangsaan untuk mengukuhkem semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme serta menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap tanah air. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *