Hama Ulat Grayak Meluas, ini Harapan Ketua DPRD Lembata

Hama Ulat Grayak Meluas, ini Harapan Ketua DPRD Lembata
Petrus Gero, Ketua DPRD Lembata

 

Lembatanews.com – Meluasnya serangan hama ulat grayak yang menyerang tanaman jagung dan sorgum petani di sembilan kecamatan, kian mengkhawatirkan. Ketua DPRD Lembata Petrus Gero pun angkat bicara.

Kepada Lembatanews.com, Selasa (28 Januari 2020) di ruang kerjanya, Petrus Gero mengatakan, hama ulat grayak yang saat ini menyerang dan merusak tanaman jagung dan sorgum.milik.petani di sembilan kecamatan tentunya merupakan kejadian yang tidak direncanakan. Akan tetapi, hadirnya hama ulat grayak itu tentu saja akan sangat memgganggu hasil panen para petani.

Karena itu, kata Petrus Gero, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata, dalam hal ini dinas teknis terkait diharapkan untuk sesegera mungkin mengambil langkah strategis yang memungkinkan untuk mengatasi sebaran hama dimaksud.

“Penggunaan pestisidan dan penanganan sesegera mungkin. Kalau dibiarkan akan berkonsekwensi pada gagal panen,” tegas Petrus Gero.

Apalagi, lanjutnya, memperhatikan curah hujan yang tidak tealu baik saat ini dan dihadapkan dengan serangan hama yang terus meluas, maka ancaman gagal panen jelas sudah di depan mata, jika tak diambil langkah-langkah pengendalian dan penanganan secepatnya.

“Jagung, merupakan makanan pokok di Lembata. Kalau sampai gagal panen jagung maka akan sangat berpengaruh pada kehidupan ekonomi rumah tangga,” tegasnya. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *