Hanya Delapan Rumah Adat Kampung Napaulun Bunga Muda Selamat dari Amukan Jago Merah

Hanya Delapan Rumah Adat Kampung Napaulun Bunga Muda Selamat dari Amukan Jago Merah
Rumah Adat di Kampung Napaulun, Desa Bunga Muda yang terbakar pada Minggu, 30 Agustus 2020.

 

Lembatanews.com – Sebanyak delapan dari 36 rumah adat di Kampung Adat Napaulun, Desa Bunga Muda, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata selamat dalam peristiwa kebakaran. Sebanyak 28 rumah adat lainnya ludes dilalap si jago merah pada Minggu, 30 Agustus 2020 sekitar pukul 14.00. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksasi mencapai Rp45 juta.

Saat peristiwa naas itu, tidak ada seorangpun yang ada di lokasi kebakaran. Baru setelahnya, dua orang warga yang pertama kali tiba di kompleks rumah adat itu adalah Anton Purab dan Us Lagamaking.

 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lembata Kanisius Making yang berada di lokasi kebakaran Minggu sore menjelaskan, kebakaran di kampung lama Desa Bunga Muda disebabkan api yang berasal dari Mehang dan merambat masuk ke Niwak. Api kemudian merambat memasuki kampung lama Napaulun dan menghanguskan rumah adat.

Api, terangnya, tidak dapat dipadamkan karena angin kencang. Bahkan, lanjutnya, api sudah merambat mengitari lereng gunung ke arah barat Desa Lamawara, Lewotolok.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lembata Kanis Making (paling kanan) berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan pemerintah setempat saat turun ke lokasi kebakaran, Minggu, 30 Agustus 2020.

 

“Ada dua warga yang lebih dahulu tiba di lokasi, yakni Anton Purab dan Us Lagamaking. Keduanya menceritakan bahwa api berasal dari lokasi Mehang, merambat mengitari kali lewat kebun warga lalu masuk ke Niwak dan menjalar memasuki lokasi kampung lama Napaulun,” terang Kanis Making.

Dalam peristiwa itu, kata dia, tidak ada korban jiwa. Tetapi, kerugian diperkirakan mencapai sekitar R45 juta

“Kerugian memang terbilang kecil, karena secara keseluruhan rumah adat terbuat dari bambu dan daun kelapa, tiang dari kayu balok dan kerugian lain di dalam rumah,” terang Kanis Making.

Kampung Napaulun, adalah kampung adat milik dua desa yakni Desa Bunga Muda dan Desa Napasabok, Kecamatan Ile Ape. Kampung adat Napaulun merupakan pusat pelaksaan ritual pesta kacang yang digelar masyarakat adat dari dua desa itu setiap tahun. Rumah adat yang terbakar adalah milik sejumlah suku di wilayah itu. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *