Hari Pertama Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Masih Banyak Warga Lembata Kedapatan tidak Kenakan Masker

Hari Pertama Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Masih Banyak Warga Lembata Kedapatan tidak Kenakan Masker
Tim terpadu menyetop pengendara yang tidak mengenakan masker dan diimbau untuk mengenakan masker.

 

Lembatanews.com – Pada hari pertama pelaksanaan kegiatan pendisiplinan protokol kesehatan yang dilakukan tim terpadu Pemkab Lembata bersama TNI/Polri di Kota Lewoleba, masih banyak didapati warga Lembata khususnya di Kota Lewoleba yang tidak mengenakan masker saat berada di luar rumah. Ada pula yang membawa masker namun tidak dikenakan dan ada pula yang menggunakan namun tidak menutup mulut dan hidung namun ditarik ke bawah dagu.

Pantauan Lembatanews.com di ruas jalan Simpang Tiga Wangatoa pada Rabu, 16 September 2020 siang, tampak tim terpadu melakukan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan melibatkan unsur TNI dan Polri dan Polres Lembata, Satpol PP dan OPD terkait.

Setiap pengguna jalan yang melintas di ruas jalan baik pejalan kaki maupun mengendarai kendaraan yang tidak mengenakan masker langsung dihentikan dan diberikan pemahaman.

 

Bagi warga yang membawa masker namun tidak dikenakan langsung disuruh untuk mengenakannya secara baik. Ada pula warga yang mengenakan masker namun tidak.menutup mulut dan hidung diarahkan untuk memperbaikinya.

Sedangkan bagi warga yang tidak membawa masker, tim terpadu langsung membagikan masker dan langsung dikenakan kepada mereka.

Kepada warga yang terjaring langsung diingatkan untuk tidak mengulangi hal yang sama di hari-hari selanjutnya dan diimbau agar selalu mengenakan masker saat berada di luar rumah.

 

Kalak BPBD Lembata Kanisius Making yang turut dalam tim terpadu melakukan pendisiplinan protokol kesehatan menjelaskan bahwa pada hari pertama tim hanya melakukan edukasi dan sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 50/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Sehingga, kepada warga yang tidak mengenakan masker hanya diberikan pemahaman agar mentaati protokol kesehatan dalam rangka menghindari penyebaran Covid-19.

Selanjutnya, pada pelaksanaan pendisiplinan protokol kesehatan hari kesua dan seterusnya akan mulai dilakukan penegakan hukum dan pemberian sanksi sesuai Perbup.

Sanksi, terang dia, dapat berupa menghafal Pancasila, menghafal 4-M yakni menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, menyanyikan lagu-lagu nasional, dan sanksi paling terakhir berupa kegiatan sosial seperti membersihkan sampah selama 15 hari. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *