HUT ke-20 Otonomi Daerah Lembata, Bupati Minta Hadiah dari Menteri ESDM

HUT ke-20 Otonomi Daerah Lembata, Bupati Minta Hadiah dari Menteri ESDM

Lembatanews.com – Hari ulang tahun (HUT) ke-20 Otonomi Daerah (OTDA) Kabupaten Lembata yang diperingati pada Sabtu (20 Oktober 2019), menjadi momentum yang sangat berharga bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lembata. Betapa tidak, bertepatan dengan satu hati jelang peringatan HUT OTDA, Lembata mendapat kehormatan dikunjungi Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Kehadiran Menteri ESDM meresmikan hadirnya dua SPBU di Lembata yakni SPBU Balauring, Kecamatan.omesuri, dan SPBU Waijarang, Kecaman Nubatukan.

Pada momentum pengresmian SPBU penyalur BBM satu harga oleh Menteri Jonan, dimanfaatkan Bupati.Lembata Eliaser Yentji Sunur untuk meminta hadiah HUT Otda dari Menteri Ignasius Jonan.

Kepada Menteri Jonan, Bupati Sunur meminta diberikan perhatian lebih dalam porsi mengembangkan daerah ini untuk mendorong kehidupan masyarakat. Dijelaskannya, terdapat tiga sektor utama penggerak pembangunan, yakni sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata yang semuanya berhubungan dengan energi dan BBM. Sektor pariwisata sebagai primer mover.

Hanya saja, darimkeunggukan-keunggulan yang dimiliki, ada keterbatasan untuk mendorong potensi yang sangat agar bisa dimanfaatkan secara ekonomi, di antaranya masalah listrik, air, dan disttibusi BBM.

Untuk itu, ia meminta perhatian dari Menteri Jonan untuk memberikan perhatian khusus untuk listrik karena masih ada sejumlah desa yang jauh dari jangkauan jaringan listrik PLN.

Sedangkan masalah air, banyak sumber air yang berada di dataran rendah, sedangkan permukimannya di dataran tinggi. Sehingga, dibutuhkan jaringan listrik untuk mengangkat air dari daerah rendah ke bak-bak penampungan untuk disalurkan ke masyarakat.

Sedangkan soal distribusi BBM, Sunur mengakui bahwa saat ini Lembata hanya dilayani satu kapal pengangkut BBM. Karena itu, selain.meminta perhatian untuk transportir laut, juga tambahan armada transportir darat.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, menjelang ulang tahun Lembata, maka ia memberikan hadiah dengan mengakomodir semua usulan bupati. Tetkait PLTS terpusat Jonan mengiyakan dan meminta Bupati mengirim surat dan jika pemerintah menyediakan lahan akan langsung dibangun dengan dana APBN.

“Sumur bor tarik air dari bawah ke atas tergantung sudut elevasi dan jarak. Kalau jauh juga butuh listrik. Kalau berkenan ada program Pemprov tinggal kirim surat tinggal dibangun sunur bor dalam dengan mencarinya gunakan teknologi geolistrik. Bisa setiap sumur layani 4.000 jiwa. Alot sudah bangun dan bisa layani 2.500 jiwa. Dan setiap orang setiap hari gunakan 60 liter. Ini yang menurut saya oke,” kata Jonan.

Mengenai sambungan listrik gratis, Jonan katakan bahwa sudah alokasikan 341 rumah dengan biaya pasang gratis. Sambungan listrik dikasih gratis dan sudah terpasang 202 rumag. “Kalau ada saudara kita yang tidak mampu bayar biaya sambung listrik bapak minta 2.000 sampai 3.000 lagi saya kasih. Tapi yang mampu jangan. Alat ukurannya gampang. Punya motor gak,” tegas Jonan. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *