Ile Lewotolok kembali Erupsi, Petugas Pos Pengamatan Imbau Warga tak Panik

Ile Lewotolok kembali Erupsi, Petugas Pos Pengamatan Imbau Warga tak Panik
Gunung Api Ile Lewotolok yang kembali erupsi, pada Jumat, 8 Januari 2021 pagi.

 

Lembatanews.com –  Pada Jumat, 8 Januari 2021 sekitar pukul 08.20, Gunung Api Ile Lewotolok kembali Erupsi dengan kolom abu setinggi 1.000 meter di atas puncak kawah Erupsi disertai bunyi gemuruh yang cukup besar yqng terdengar hingga di Kota Lewoleba.

Sesuai laporan dari Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok pada Jumat, 8 Januari 2020, erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 1.000 meter di atas puncak gunung. Ko|om abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasii 25 detik. Letusan disertai suara Qemuruh sedang.

Sementara itu, Stanislaus Ara Kian dari Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok mengimbau kepada masyarakat untuk tidak.panik.

Dikatakannya, sebagaimana sudah dijelaskan bahwa Aktivitas Gunung Api Ile Lewotolok saat ini masih dalam fase erupsi.

“Kenapa sampai saat ini masih terdengar dentuman/gemuruh? Karena sampe saat ini material masih terus keluar dari dapur magma ditambah saat ini sistem Gunung Ile Lewotolok sudah terbuka,” kqtqnyq.

Dia menguraikan, maksud sudah terbuka adalah magma dengan mudah keluar ke permukaan atau sudah tidak ada hambatan.

“Bisa dianalogikan seperti bapa ibu lempar batu ke dalam sumur, apabila batu sentuh permukaan air maka ada suara dentuman. Berbeda, apabila bapa ibu lempar batu ke kali atau sungai pasti berbeda juga suaranya. Nah sama dengan kawah Ile Lewotolok saat ini seperti analogi sumur tadi. Karena bunyi atau suara dipengaruhi oleh faktor ruangan,” terang Stanislaus Ara Kian.

Jadi, lanjutnya, masyarakat tidak perlu cemas dan panik. Ancaman sangat kecil apabila warga berada di luar radius aman perkiraan 3 km dari pusat erupsi dan area sektoral tenggara 4 km dari pusat erupsi. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *