Ile Werun, Pesona Di Punggung Tanjung Atadei

Ile Werun, Pesona Di Punggung Tanjung Atadei
Ile Werun jadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Lembata yang mempesona untuk dinikmati. 

 

Lembatanews.com – Ile Werun, adalah salah satu ikon yang diangkat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata pada ajang Festival Tiga Gunung, selain Gunung Batutara dan Ile Lewotolok. Ile Werun memiliki pesona luar biasa yang dikembangkan menjadi salah satu destinasi andalan Lembata di bawah komando Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur.

Terletak di kawasan punggung tanjung Atadei, Ile Werun menampakkan kawahnya yang menjulang. Ia tampak mempesona jika dipandang dari ketinggian. Ia ibarat wadah yang siap menampung air.

Ile Werun, atau gunung baru, sebenarnya bernama asli Adowajo, yang meletus dan membentuk kawah baru yang dinamai Ile Werun. Selain Ile Werun, ada juga Gunung Ile Geripe dan Ile Petrus yang sama-sama tumbuh dari kawah Adowajo.

Selain Ile Geripe dan Ile Petrus, Ile Werun dikelilingi pula sejumlah gunung lain yang berjejer indah di kawasan itu. Mendatangi Ile Werun, pengunjung pun akan disuguhkan pesona indah gunung-gunung mungil ini yang walau ada yang masih aktif, namun tak sedikit pun membuat khawatir masyarakat yang berdiam di sekitarnya. Masyarakat seakan sudah menyatu dengan alam.

Menuju Ile Werun memang membutuhkan kesiapan dan daya tahan fisik yang baik. Selain karena infrastruktur jalan ke sana belum memadai, juga karena Anda harus bersiap untuk mendaki punggung tanjung Atadei sebelum menikmati pesona Ile Werun.

Sedikit kami kisahkan sejarah Ile Werun yang semula oleh warga sekitar tak dikira merupakan gunung karena berada di dalam kawah Ile Adowajo. Namun pada sekitar 1990 saat Adowajo meletus, reruntuhan Adowajo melahirkan gunung baru yang kemudian dikenal dengan Ile Werun.

Selanjutnya pada 1948, Adowajo kembali meletus, dan bongkahan yang berbentuk kerucut melahirkan dua gunung baru yakni Ile Geripe dan Ile Petrus. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *