Jadi Ketua DPR Perempuan Pertama, Ini Jumlah Kekayaan Puan Maharani

Jadi Ketua DPR Perempuan Pertama, Ini Jumlah Kekayaan Puan Maharani

Lembatanews.com – Putri sulung Megawati Soekarno Putri, Puan Maharani baru saja dilantik sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk periode 2019 – 2024. Kehadiran Puan di kursi DPR 1 menjadi catatan sejarah yang bakal diingat negeri ini, pasalnya baru kali ini dalam sejarah demokrasi Indonesia, posisi Ketua DPR diduduki oleh seorang perempuan.

Lahir dari rahim pemilik salah satu partai terbesar di Indonesia, PDI Perjuangan,Puan Maharani memulai karir politiknya sebagai Anggota Dewan Pimpinan Pusat (DPP) di organisasi kepemudaan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pada 2006.

Kemudian, putri dari Presiden ke-5 Indonesia, itu melebur masuk ke dalam keanggotaan Partai bergambar banteng putih itu.

Wanita jebolan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (Fisip) Universitas Indonesia (UI) itu juga pernah duduk di kursi legislatif komisi IV DPR yang membidani pertanian, pangan, kehutanan dan juga Maritim.

Didapuknya Puan sebagai ketua DPR merupakan hasil dari pemilihan umum yang digelar pada 17 Apri lalu. Puan sukses meraup suara terbanyak dengan mengantongi 404.034 suara di daerah pemilihan Jawa Tengah V yang meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan kota Solo

Oleh karena itu sejak kemarin (1/10), dia sudah mengundurkan diri dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Karirnya di bidang Politik sebenarnya tergolong cemerlang.

Harumnya nama besar sang kakek yang merupakan founding father negeri ini, Soekarno dan juga ibunda tercintanya, Megawati Soekarno Putri menambah mulus jalan politik Puan. Selain sebagai politisi, Puan juga memilik beberapa bisnis yang moncer.

Kekayaan Ratusan Miliar
Hal itu terlihat dari jumlah kekayaan yang dimiliki Kakak Prananda Prabowo itu. Berdasarkan data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), jumlah kekayaan Puan Maharani mencapai Rp363,79 miliar.

Jumlah tersebut banyak didominasi oleh surat berharga sebanyak Rp208,53 miliar dan sisanya terbagi atas alat transportasi, tanah juga kas setara kas.

Alat transportasi yang dimiliki pun bukan main, Puan memiliki 3 mobil Mercedes Benz, 2 Mobil merek VW, 1 Mobil Toyota Land Cruiser, 3 Motor Harley Davidson dan 1 mobil merek Daihatsu Taruna.

Sedangkan untuk kepemilikan tanah, Puan memiliki tanah di beberapa wilayah seperti Bali, Bogor, Depok dan Jakarta.

Pengusaha Multi Sektor
Ibu dari Praba Diwangkara Caraka Putra Soma dan juga Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari itu merupakan istri dari seorang eksekutif, Hapsoro Sukmonohadi. Sang Suami selama ini selalu luput dari pemberitaan lantaran Puan lebih sering tampil bersama sang ibunda tercinta.

Hapsoro Sukmonohadi merupakan putra dari Bambang Sukmonohadi, pengusaha properti dan juga jasa forwarding. Hapsoro atau yang lebih dikenal dengan Happy Hapsoro memiliki beragam bisnis multi sektor.

Melalui PT Odira Energy Persada, Happy menjalankan bisnis minyak dan juga gas bumi. Selain itu, dikabarkan dia juga mengelola operator jaringan hotel bujet milik PT Red Planet Indonesia Tbk.

Berdasarkan data Bloomberg, Happy Hapsoro duduk sebagai Presiden komisaris di Red Planet dan juga menjabat sebagai Direktur di PT Panji Raya Alamindo. Perusahaan merupakan penyedia jasa dan perlengkapan minyak dan juga gas bumi yang berada di bawah PT Rukun Raharja Tbk.

Nah, Hapsoro pernah duduk di kursi Presiden Komisaris Rukun Raharja sejak 2010 hingga 2014. Hingga sekarang dia dikabarkan duduk sebagai Advisor di perusahaan jasa distribusi gas bumi tersebut dan dikabarkan masih memiliki saham di perusahaan tersebut. (sumber celaka.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *