Jamaah Calon Haji Diminta Doakan Lembata Dari Tanah Suci

Jamaah Calon Haji Diminta Doakan Lembata Dari Tanah Suci

Lembatanews.com – Para jamaah calon haji asal Kabupaten Lembata diharapkan untuk mendoakan keselamatan Lembata dari Tanah Suci Mekkah. Bagi keluarga para jamaah haji diminta mengiklaskan kepergian mereka agar sampai di Tanah Suci dengan selamat dan menjalankan ibadah haji dengan baik serta pada saatnya nanti bisa kembali ke Tanah Air dengan selamat sebagai haji yang mabrur.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Lembata saat melepas 14 jamaah calon haji asal Lembata di aula Ankara, Kamis (25 Juli 2019).

Wabup Langodai mengatakan, pelaksanaan ibadah haji atau panggilan baitullah merupakan bagian dari rukun Islam ke lima yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam. Hal ini tentunya sangat didukung oleh kemampuan ekonomi yang memadai, kesehatan jasmani dan rohani, serta bekal pengetahuan keislaman.

Wabup yakin, para jamaah calon haji telah mengikuti latihan berjalan kaki untuk persiapan fisik dalam melaksanakan ibadah haji. Ia mengimbau untuk selalu menga kekompakan dan dapat mengendalikan emosi diri dengan menghindari pertengkaran dan percekcokan antarsesama jamaah calon haji.

Para jamaah calon haji juga diminta untuk mematuhi perintah dari petugas haji. Jika ada masalah secepatnya dilaporkan agar dapat dicarikan jalan keluarnya. Selain itu, jika hendak keluar dari tenda perkemahan agar jangan sendirian teyapi mengajak teman dan selalu dilaporkan kepada ketua regu.

Kepada mereka Wabup Langodai juga mengingatkan bahwa selama di Tanah Suci merupakan duta Lembata. Menjadi orang-orang pilihan yang mendapat kesempatan untuk melaksanakan rukun Islam ke lima.

“Semoga keberadaan Anda selama di Tanah Suci dapat membawa nama Lembata di tengah pergaulan dengan sesama jamaah haji dari daerah lain dan dari negara lain,” kata Langodai.

Para jamaah calon haji juga diminta menjaga stamina dengan baik karena perbedaan suhu Indonesia dengan Arab Saudi sangat ekstrem. Kepada mereka diingatkan untuk memperbanyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi akibat suhu yang panas karena dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

Kepada mereka juga diharapkan untuk menggunakan waktu yang tepat dalam aktivitas beribadah saat cuaca teduh

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lembata H Ishak Sulaiman menjelaskan, semua calon haji Lembata telah melakukan tahapan atau proses sebelum di lepas. Mereka telah mengikuti bimbingan massal dan kelompok manasik haji, pemeriksaan kesehatan dan imunisasi meningitis.

Para jamaah calon haji asal Lembata akan bergabung dalam kloter 66 bersama Kabupaten Alor dan Manggarai Barat pada rombongan sembilan embarkasi Surabaya.

Menurut rencana, mereka akan diberangkatkan menuju Mekkah melalui Bandara King Abdul Azis pada 29 Juli. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *