Jelang Hari Difabel Internasional, FPKDK Lembata Gelar pengobatan Gratis

Jelang Hari Difabel Internasional, FPKDK Lembata Gelar pengobatan Gratis

Lembatanews.com – Menjelang peringatan Hari Difabel Internasional yang diperingati pada 3 Desember, Forum Peduli Kesejahteraan Difabel dan Keluarga (FPKDK) Kabupaten Lembata bekerja sama dengan RUSD Lewoleba menggelar pengobatan gratis bagi para difabel dan keluarga. Pengobatan gratis dilaksanakan di Taman Kota Swaolsa Titen, pada Minggu (1 Desember 2019).

Para difabel dan keluarga memadati arena Taman Kota Swaolsa Titen untuk mendapatkan pelayanan pengobatan gratis dari tim dokter RSUD Lewoleba.

Ketua Panitia peringatan Hari Difabel Internasional dr Yeremias Renaldi Sunur ditemui di sela-sela pengobatan gratis, Minggu (1 Desember) siang menjelaskan, pengobatan gratis melibatkan tim medis dari RSUD Lewoleba.

Ketua Divisi Medis FPKDK Lembata ini juga menjelaskan, pengobatan gratis tidak saja untuk mengobati, tetapi juga untuk screaning sakitnya agar ke depan bisa dirujuk ke fasilitas primer atau sekunder dan apakah hanya berobat ke dokter umum atau harus ke dokter spesialis.

Sunur yang akrab disapa Dokter Jimmy ini juga mengatakan, terdapat sebanyak 100 orang yang berhasil menjalani pengobatan gratis, yakni 20 anak-anak difabel dan 80 orang dewasa.

Dijelaskannya pula bahwa kegiatan seperti itu, untuk menunjukan kesetaraan dan inkkusifisme kepada para difabel dan masyarakat. Semua.kanusia, lanjutnya, setara tidak saja dalam.aspek.manusiawi, tetapi dalam seluruh aspek kehidupan, baik aspek sosial, spiritual, psikologis, dan medikal.

Ramsi Langodai, Ketua Sementara FPKDK Kabupaten Lembata menjelaskan, setelah pengobatan gratis, akan dilanjutkan dengan jalan santai pada Senin (2 Desember 2019) sore. Dalam jalan santai nanti, akan dilakukan pertukaran peran. Para peserta jalan santai dari kalangan umum akan bertukar peran dan menjalani kehidupan difabel dalam beberapa menit untuk merasakan apa yang yang dialami para difabel selama ini.(tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *