Kadis Sosial PMD Lembata: Saya Hadir untuk Motifasi agar Terus Berinovasi

Kadis Sosial PMD Lembata: Saya Hadir untuk Motifasi agar Terus Berinovasi

Lembatanews.com – kecamatan Nubatukan telah  memulai Bursa Inovasi  Desa 2019. Bursa Inovasi Desa adalah program yang disiapkan Pemerintah Pusat untuk menjadi wadah bagi pemerintah desa dalam menghadirkan berbagai inovasi.

Bursa Inovasi Desa Kecamatan Nubatukan dibuka Kepala Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Lembata Aloysius Butodi aula Kecamatan Nubatukan, Sabtu (10 Agustus 2019).

Pada kesempatan itu, ia memberikan motifasi kepada pemerintah kecamatan dan desa untuk terus berinovasi demi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya hadir disini untuk memotivasi kita semua untuk terus berinovasi guna peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Aloysius.

Pemerintah Pusat, lanjutnya, telah memberikan dana desa. Pengelolaan dana desa itu perlu terus didorong untuk melahirkan badan usaha milik desa (BUMDes).. Pemerintah desa juga harus menganggarkan dana untuk pelatihan-pelatihan bagi pengelola BUMDes di masing-masing esa.

“Kita harus menyiapkan SDM di desa agar dapat mengelola dan mengembangkan BUMDes di desa supaya ada inovasi di desa,” terangnya.

Bursa Inovasi Desa, lanjut dia, juga merupakan ruang atau ajang pertukaran informasi tentang desa yang berkaitan dengan pembangunan dan pengembangan desa yang inovatif, mulai dari bidang sumber daya manusia, ekonomi atau wirausaha dan juga infrastruktur.

Karenanya, kepada semua peserta yang hadir diminta untuk melihat sejumalah inovasi yang dipamerkan untuk ditiru serta dimodifikasi sesuai karakteristik di desa masing-masing.

Desa juga diminta untuk berkomitmen menganggarkan supaya bisa dijalankan pada Tahun Anggaran 2020. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *