Kapal Lembata Jaya Rusak, Pelayanan BBM Terhambat

Kapal Lembata Jaya Rusak, Pelayanan BBM Terhambat
Ilustrasi, kapal pengangkut BBM.

 

Lembatanews.com – KM Lembata Jaya, kapal pengangkut BBM ke Lembata mengalami kerusakan pada Selasa(21 Januari 2020) malam saat sandar di dermaga Pelabuhan Lewoleba. Kerusakan pada baling-baling itu menyebabkan pengangkutan BBM dari Larantuka menuju Lembata pun ikut terhambat dan berpengaruh pada pelayanan kepada masyarakat.

Direktur PT Hikam Nurhayati dalam suratnya yang ditujukan kepada Bupati Lembata dan tembusannya kepada Ketua DPRD Lembata, Kapolres Lembata dan Camat Nubatukan menjelaskan bahwa KM Lembata Jaya mengalami kerusakan mesin kapal (pecahnya poknot) yang mengakibatkan kapal tidak bisa beroperasi sehingga menyebabkan kekosongan BBM di SPBU Kompak.

Sementara itu, Yoseph Lembata, pemilik KM Lembata Jaya ditemui di Kediamannya, Rabu (22 Januari 2020) menjelaskan, KM Lembata Jaya berkapasitas muat 50 ton itu rusak saat sudah sandar di Pelabuhan Lewoleba. Saat hendak mundur, kemudinya tak berfungsi baik dan terjadi kerusakan pada baling-baling.

“Saya bersyukur rusaknya sudah di pelabuhan. Rusak bagian baling-baling. Masih sementara dalam perbaikan,” katanya.

Ia mengaku sudah mengontak pemilik Toko Matahari di Larantuka, Kabupaten Flores tTmur mengecek Suju cadang kapal yang rusak dan pemilik toko sudah dapat di sana.

“Kalau besok kirim berarti sudah bisa perbaiki dan Kamis sudah baik. Tapi karena pemilik toko masih kedukaan jadi belum bisa,” katanya.

Jika sampai alatnya tak bisa di dapat di sini, lanjut Yoseph, maka terpaksa harus dipesan dari Jawa dan kirim menggunakan pesawat.

Jika alat yang rusak bisa didapatkan Kamis dari Larantuka, maka dia memastikan beberapa hari ke depan kapal dalam tahap perbaikan dan KM Lembata Jaya baru bisa beroperasi kembali pada Senin. Kalaupun sudah bisa beroperasi pada Sabtu pun tak bisa mengangkut BBM karena Pertamina libur. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *