Kapal Sembilan Pilar Ujicoba Sandar di Pelabuhan Jober Lewoleba

Kapal Sembilan Pilar Ujicoba Sandar di Pelabuhan Jober Lewoleba
Minitanker SPOB Sembilan Pilar saat ujicoba sandar di dermaga Pelabuhan Jober, Kamis (6 Februari 2020) sore.

 

Lembatanews.com – Untuk mengetahui layak atau tidaknya Pelabuhann Jober dijadikan pelabuhan bongkar muat BBM oleh kapal minitanker SPOB Sembilan Pilar, maka pada Kamis, 6 Februari 2020 dilakukan ujicoba sandar kapal. Ujicoba sandar kapal itu dipandu tiga orang staf dari PT Pertamina Patra Niaga Surabaya.

Pantauan lembatamews.com pada Kamis sore, tampak kapal disandarkan pada dermaga Jober. Tiga staf dari Patra Niaga memberi komando sandar sambil memantau kondisi dermaga dan kedalaman laut.

Dermaga yang dibangun tak rata bibir dermaganya itu tampak sedikit menyulitkan kapal minitanker itu unik sandar secara sempurna. Secara keseluruhan di bibir dermaga.

Tim dari PT Pertamina Patra Niaga Surabaya foto bersama usai melakukan survei dan ujicoba sandar di Pelabuhan Jober.

 

Ditambah lagi kondisi kedalaman air di kolam labuh yang tidak merata menyebabkan kapal tidak bisa merapat secara sempurna pada bibir dermaga. Karena di bagian tertentu terjadi pendangkalan.

Dalam ujicoba labuh tambat itu, minitanker SPOB Sembilan Pilar dalam kondisi kosong tanpa muatan. Karena itu, ujicoba akan kembali dilakukan saat terjadi pasang surut agar dapat melihat titik surut terjauh.

Dalam kondisi tanpa muatan, minitanker tampak tanpa masalah melakukan olahgerak dan sandar walau bibir dermaga kondisi bangunan fisiknya tak rata. Ada bagian yang dibangun.menjorok ke laut sehingga menyulitkan kapal untuk sandar menempel seluruhnya ke bibir dermaga.

Salah satu staf Patra Niaga Iskandar mengatakan, pihaknya hanya melakukan survei dan hasilnya akan diumumkan oleh pimpinan di Surabaya.

Survei, lanjutnya, sudah dilakukan sejak Kamis Pagi, dan setelah dilanjutkan pada Kamis Sore, akan kembali dilanjutkan pada malam hari.

“Kita survei untuk melihat posisi pasang naik dan surut terendah. Survei siang sore dan malam hari,” terang Iskandar.

Kemungkinan, setelah dilakukan survei dan dilaporkan hasilnya ke pimpinan, baru akan diumumkan pekan depan. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *