Karang Taruna Taan Tou Diimbau tak Jadi Pemicu Konflik Dalam Hajatan Pilkades

Karang Taruna Taan Tou Diimbau tak Jadi Pemicu Konflik Dalam Hajatan Pilkades
Pengurus Karang Taruna Taan Tou foto bersama usai acara pelantikan, Rabu, 1 September 2021.

Lembatanews.com ā€” Sebagai pilar partisipasi masyarakat dan wadah pembinaan pembangunan dan pengembangan generasi muda dalam bidang kesejahteraan sosial, kehadiran Karang Taruna di desa menjadi kebutuhan pembangunan. Karena menjadi kebutuhan di desa, Pemerintah Desa Todanara, Kecamatan lle Ape Timur, Kabupaten Lembata melakukan pelantikan pengurus Karang Taruna Taan Tou Gelekat Lewotana, 1 September 2021 bertempat di Balai Pertemuan Desa Todanara.

Hadir dalam pelantikan itu, Camat Ile Ape Timur Nikolaus Watun, Ketua BPD Desa Todanara Niko Boleng, Babinkamtibmas, Bripda Agustinus Nahak, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Ile Ape Timur, dan undangan lainnya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua demisioner Yuliana Olivia Yuli Halimaking, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf dan berharap ketua dan pengurus baru bisa menjalankan tugasnya dengan baik demi kemajuan Lewotana tercinta.

Ketua Karang Taruna periode 2021/2024 Gregorius Gala, menegaskan, pemuda sebagai pilar pembangunan Lewotana, sehingga diharapkan di tengah arus perkembangan dan globalisasi, para pemuda bisa menyesuaikan diri tanpa menanggalkan karakter sebagai anak yang berbudaya.

la juga mengharapkan para pengurus baru bisa bekerja sama untuk merangkul anggota karang taruna untuk sama-sama belajar dan berbagi demi kemajuan desa tercinta.

Camat Ile Ape Timur Nikolaus Ola Watun mengapresiasi langkah maju Desa Todanara yang melantik badan pengurus karang taruna.

“Selama saya menjabat sebagai Camat Ile Ape Timur kurang lebih setahun, baru pertama kali mengikuti prosesi pelantikan karang taruna ini, semoga ini menjadi motivasi bagi delapan desa lainnya yang ada di kecamatan ini dan baru pertama kali sarjana memimpin karang taruna,” kata Niko Watun.

Ia mengharapkan, agar apa yang didapatkan di dunia akademik bisa diterapkan di desa demi kemajuan Lewotana. Menurutnya, ini langkah awal untuk menjadi pemimpin di kemudian hari.

“Adik-adik karang taruna taan tou gelekat Lewo Desa Todanara. Belajar dari hal terkecil untuk menjadi pemimpin,” kata Niko Watun.

la mengharapkan koordinasi dan konsultasi yang baik ke depan untuk mendukung kegiatan karang taruna.

Penjabat Kepala Desa Todanara, Bendiktus Boli Tedemaking berharap karang taruna bisa bekerja sama dengan pemerintah desa untuk kemajuan Lewotana.

la juga menegaskan bahwa ke depan akan melewati hajatan politik Pilkades, karang taruna jangan jadi pemicuh konflik tetapi hadir sebagai solusi dan menjaga sehingga tidak ada konflik nantinya.

“Berikan edukasi dan pembelajaran politik yang baik untuk masyrakat,ā€ tegas Benediktus Boli Tedemakina. (ina/ari/tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *