Korut Luncurkan Rudal, AS Tetap Ingin Berunding

Korut Luncurkan Rudal, AS Tetap Ingin Berunding

Lembatanews.com — Amerika Serikat tetap ingin melanjutkan perundingan dengan Korea Utarameski negara pimpinan Kim Jong-un itu kembali meluncurkan rudal.

Jubir Kemlu AS, Morgan Ortagus, mengatakan bahwa negaranya tetap ingin melanjutkan perundingan dengan Korea Utara meski negara pimpinan Kim Jong-un itu kembali meluncurkan rudal.

“Kami ingin hubungan diplomatik dengan Korut, dan kami tetap mendesak Korut untuk menyelesaikan segala sesuatu yang dibicarakan oleh Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un melalui diplomasi,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Morgan Ortagus, seperti dilansirAFP.

Kim dan Trump memang sudah dua kali bertemu untuk membahas perbaikan hubungan kedua negara, salah satunya dengan perlucutan nuklir di Semenanjung Korea.

Namun, perundingan itu mengalami pasang surut. Terakhir, Korut mengancam bakal membatalkan pembicaraan itu jika AS dan Korea Selatan masih terus melakukan latihan militer bersama.

Kini, Ortagus pun meminta agar Korut tak lagi melontarkan provokasi dan kembali ke meja perundingan.

“Kami mendesak agar tak ada lagi provokasi, dan agar semua pihak mematuhi kewajiban di bawah resolusi (Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa),” tutur Ortagus.

Ini bukan kali pertama Korut menguji coba rudal setelah Kim dan Trump melakukan perundingan. Pada Mei lalu, Korut juga melakukan uji coba rudal jarak pendek.

Saat itu, Trump menganggap uji coba tersebut sebagai sesuatu yang standar dan tidak akan berdampak pada relasi AS-Korut, terutama dialog denuklirisasi kedua negara. (sumber cnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *