Kuliner Mingar Diarahkan Sajikan Makanan Olahan Segar

Kuliner Mingar Diarahkan Sajikan Makanan Olahan Segar
Destinasi Wisata Pasir Putih Mingar di Kecamatan Nagawutun yang terus dibenahi menyambut wisatawan.

 

Lembatanews.com – Kendati masih di era Pandemi Covid-19 yang telah menimbulkan kelesuan pariwisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tak tinggal diam. Pembenahan destinasi wisata dan penyiapan sumber daya yang andal menyambut wisatawan pun terus dilakukan.

Salah satunya adalah dengan melakukan pembenahan lokasi dan menyiapkan masyarakat di setiap destinasi wisata.

Di destinasi wisata Pasir Putih Mingar, Kecamatan Nagawutun misalnya. Dinas Pariwisata tidak saja membenahi dan membangun pusat kuliner, tetapi juga mengarahkan masyarakat setempat untuk selalu siap menyambut para wisatawan.

Caranya, mengarahkan warga yang berjualan agar selalu rutin menyiapkan aneka menu yang dapat dinikmati oleh setiap pengunjung yang datang ke sana

“Penyiapan seperti ini perlu dilakukan agar jangan sampai saat ada pengunjung ke sana tidak ada makanan yang disajikan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Lembata Apolonaris Mayan kepada lembatanews.com.

Menurutnya, di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini, tentunya tidak setiap saat pengunjung atau wisatawan berkunjung. Tentunya hal itu juga menjadi kendala bagi para pedagang kuliner dalam menyiapkan menu makanan. Sebab, jika makanan sudah disajikan dan tak ada pengunjung, tentu saja makanan yang sudah disiapkan akan mubazir.

Karena itu, lanjutnya, para pedagang diarahkan untuk menyiapkan bahan makanan segar dan baru diolah ketika ada pengunjung.

“Sehingga mereka bisa masak sesuai pesanan pengunjung,” kata Apol Mayan.

Ia mencontohkan, kepada masyarakat sudah diberikan bantuan cool box untuk menyimpan ikan segar. Sehingga, ikannya tak perlu diolah dulu. Jika ada pengunjung yang datang, baru diolah sesuai pesanan, seperti ikan kuah asam, atau ikan bakar dan lainnya.

Menurutnya, Pantai Wisata Pasir Putih Mingar merupakan salah satu destinasi wisata desa yang dibangun oleh Pemda didukung dana desa dan kemudian pengelolaannya diserahkan kepada pemerintah desa. Destinasi wisata Mingar merupakan salah satu simpul penyanggah destinasi utama Lamalera.

“Jadi dalam pengembangannya, menggunakan pola pengembangan pariwisata desa dan lihat karakteristik dan potensi yang ada. Mingar menjadi wisata kuliner,” kata Apol Mayan. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *