Masuk Pertengahan TA 2019 PAD Lembata Baru 26 Persen

Masuk Pertengahan TA 2019 PAD Lembata Baru 26 Persen

Lembatanews.com – Memasuki pertengahan Tahun Anggaran (TA) 2019, capaian pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Lembata baru mencapai 26 persen dari target Rp76 miliar. Meski demikian, Pemkab Lembata tetap berkeyakninan bahwa capaian PAD akan sesuai target pada akhir tahun anggaran.

Keyakinan itu disampaikan Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur dan Kepala Badan Keuangan Daerah Anthanasius Aur Amuntoda kepada wartawan di kantor Bupatu Lembata, Jumat (19 Juli 2019).

Bupati Yance Sunur mengaku optimiatus karena saat ini seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Lembata terus digenjot untuk mencapai target oendapatan yang sudah ditetapkan itu.

Capaian target di 2019 teraebut, kaylta Sunur akan menjadi pendukung peningkatan target PAD Rp100 miliar pada tahun 2020 nanti.

Kepala Badan Keuangan Daerah Anthanasius Aur Amuntoda menjelaskan, capaian PAD hingga memasuku akhir Juli baru 26 persen. Masih dibutuhkan kerja keras dan komitmen bersama selyruh OPD untuk bisa mencapai target PAD yang telah ditetapkan.

Dia mengakui, masih banyak OPD yang belum maksimal mencapai target penerimaan. Rendahnya pendapatan dari setiap OPD ikut berpengaruh pada rendahnya realisasi anggaran untuk setiap OPD. Kecuali DAK yang realisasinya tetap merujuj pada petunjuk teknis.

“Sejauh ini masih Badan Keuangan Daerah yang tertinggi. Harapan masih fokus pada pajak dan retribusi jadi kembali kepada kesadaran wajib pajak,” terang Amuntoda.

Walau capaian baru 26 persen, namun ia yakin bisa capai target karena saat ini tim.percepatan juga sudah dibentuk dan evaluasi rutin pun terus dilakukan untuk mendorong OPD menggenjot penerimaan pendapatan.

Pemerintah juga terus berupaya meminimalisir kebocoran dengan menerapkan aplikasi agar tansaksi lebih banyak dab kebocoran diminimalisir dan terarah pada peningkatan PAD. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *