Pasien Covid-19 Sempat Dirawat di Puskesmas, Puskesmas Balauring Tutup Total Dua Minggu

Pasien Covid-19 Sempat Dirawat di Puskesmas, Puskesmas Balauring Tutup Total Dua Minggu
Petugas dari Dinas Kesehatan Lembata diback up aparat Polsek Omesuri dan Koramil  melakukan tracking kontak erat pasien Covid-19 di Desa Balauring, Kecamatan Omesuri, Sabtu, 12 Desember 2020.

 

Lembatanews.com – Dua orang warga Desa Balauring, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata diumumkan terkonfirmasi positif Covid-19 hasil swab test. Sebelum diumumkan positif Covid-19, salah satunya sempat dirawat di Puskesmas Balauring. Karena itu, selama dua minggu ke depan, Puskesmas Balauring akan ditutup total, dan semua pelayanan pasien rawat jalan dilaksanakan di Rumah Sakit Pratama Meru, di Desa Dolilolong, Kecamatan Omesuri.

Camat Omesuri Elmandiri kepada media ini, Sabtu, 12 Desember 2020 menjelaskan, pasien Covid-19 tersebut merupakan pasien dengan transmisi lokal dan terdapat di dua tempat berbeda di Desa Balauring.

Sebelumnya, salah satu pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu sempat dirawat di Puskesmas Balauring. maka ruang rawat inap umum ditutup selama dua minggu ke depan.

“Pelayanan pasien rawat jalan untuk sementara dipindahkan ke Rumah Sakit Pratama Meru,” kata Elmandiri.

Selama tidak ada aktivitas di Puskesmas Balauring, gedung dan peralatan kesehatan Puskesmas Balauring akan dilakukan penyemprotan desinfektan dan dilakukan steril ulang.

Ditambahkannya, para perawat yang kontak erat saat melayani pasien akan dirumahkan selama dua minggu ke depan dan diganti oleh bidan desa yang bertugas di wilayah Kecamatan Omesuri.

Tim Dinas Kesehatan juga langsung melakukan tracking kontak erat pasien Covid-19 dan akan dilakukan rapid test dan agar keluarga pasien Covid-19 diawasi dan menjalani isolasi mandiri selama dua minggu ke depan.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk disiplin dan mentaati protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, dan menghindari kerumuman. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *