Pastikan Ruas Jalan Waijarang-Wulandoni Dikerjakan Tahun ini, Perjuangan Aleks Ofong Diapresiasi Warga

Pastikan Ruas Jalan Waijarang-Wulandoni Dikerjakan Tahun ini, Perjuangan Aleks Ofong Diapresiasi Warga
Aleksander Take Ofong, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Provinsi NTT saat reses di Desa Riabao, Kecamatan Nagawutun, Selasa, 19 Oktober 2021.

 

Lembatanews.com – Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Provinsi NTT Aleksander Take Ofong mendapatkan apresiasi dan dukungan luar biasa dari masyarakat. Apresiasi dan dukungan itu diberikan setelah ia mampu meyakinkan dan memastikan kelanjutan pengerjaan ruas jalan Waijarang-Wulandoni sepanjang 18 kilometer (Km) jadi dikerjakan tahun ini.

Terealisasinya harapan masyarakat terhadap jalan itu tentu saja sangat menyenangkan masyarakat yang selama ini merasa seperti belum “merdeka” di tengah infrastruktur jalan yang buruk.

Apresiasi dan penghargaan atas perjuangan Aleksander Take Ofong itu disampaikan Theodorus Gule, warga Desa Riaboa, Kecamatan Nagawutung saat reses anggota DPRD NTT Fraksi Partai NasDem Aleksander Take Ofong di aula Stasi Loang, Kecamatan Nagawutun, Kabupaten Lembata, Selasa 19 Oktober 2021.

Theodorus Gule memberikan apresiasi dan ungkapan terima kasihnya kepada Aleks Ofong yang terus mengawal dan memperjuangkan aspirasi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Lembata terhadap usulan pembangunan ruas jalan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD NTT Bapak Aleksander Take Ofong yang telah peduli dengan keluh kesah kami selama ini,” kata Theodorus Gule.

Hal senada juga diungkapkan Fransiskus Kewaama yang menilai Aleks Ofong sukses memperjuangkan dan mengawal harapan masyarakat dengan memastikan pengerjaan ruas jalan provinsi Waijarang-Wulandoni.

“Kami baru tahu semua perjuangan Bapak Aleks Ofong untuk Lembata. Kami siap mendukung Bapak Aleks. Akan kami sampaikan ke masyarakat tentang semua perjuangan ini,” katanya

Fransiskus, Wakil Ketua Dewan Stasi Loang mengungkapkan kebanggaannya atas hadirnya salah satu putra terbaik Nagawutun yang telah berjuang dalam pembangunan infrastruktur jalan provinsi di Lembata.

Ia juga meminta dukungan untuk pembangunan gereja Santa Theresia Stasi Loang, Paroki Mingar yang berada di pusat kecamatan. Ia berharap, Aleks Ofong dapat membantu pembangunan gereja lewat caranya.

Ketua Fraksi Partai NasDem Provinsi NTT Aleksander Take Ofong pada reses kali ini memaparkan sejumlah perjuangannya dalam mendukung pembangunan di Lembata.

Dikatakannya, sejak terpilih menjadi anggota DPRD NTT, ia sudah berjanji kepada para leluhur dan Lewotanah Lembata untuk memperjuangkan apa pun untuk kepentingan masyarakat, termasuk ruas jalan provinsi Waijarang-Wulandoni.

Sejak menjadi anggota DPRD NTT pada 2014, ia mencari cara untuk membuka akses jalan lintas selatan Lembata. Saat itu, ruas jalan Waijarang-Wulandoni tidak masuk dalam ruas jalan yang diurus oleh provinsi dan hanya ruas jalan Balauring-Waiting yang masuk jalan provinsi.

“Saya mulai buka APBD, ternyata anggaran untuk Lembata juga tidak ada. Coba dicek kondisi jalan Lewoleba ke Hadakewa sebelum tahun 2014. Sejak 2015, jalan provinsi di Lembata dibangun. Dan saat itu mulai di bangun dari Kota Lewoleba ke Hadakewa,” terang Aleks Ofong.

Saat itu, lanjut ya, bersama pemerintah memperjuangkan peningkatan status jalan Balauring-Wulandoni menjadi jalan negara sepanjang 100 Km. Namun, hanya disetujui hingga Waijarang.

“Ketika ruas jalan ini menjadi kewenangan provinsi maka saya berjuang dan menjadi aspirasi saya di DPRD NTT”, kata Ofong.

jalan provinsi diperjuangkan menjadi jalan negara, Ia juga mengisahkan Perjuangan bersama dalam mendapatkan jalan negara di kabupaten Lembata sedangkan jalan negara adalah jalan yang menghubungkan dua kabupaten. Namun setelah di cek ternyata bisa dilakukan dengan melihat titik terluar dari kabupaten Lembata Lembata yang menghubungkan kabupaten lain.

Maka, lanjutnya, jalan provinsi dipindahkan dari Waijarang-Wulandoni dan berdasarkan SK Gubernur NTT pada Oktober 2017 menetapkan dua ruas jalan provinsi di Lembata yakni Waijarang-Wulandoni dan Balauring-Wairiang.

Setelah kunjungan Gubernur NTT pada 2020 lalu ke Lembata, maka ruas jalan Penikenek ke Lamalera atas diskresi Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dibangun.

Paket rehabilitasi jalan Waijarang-Wulandoni dengan panjang penanganan 18.00 Km dengan produk akhir HRS Base/Hotmix dan GO dengan sumber dana pinjaman daerah PT SMI untuk nilai kontrak Rp26,098 miliar. Penyedia atau pelaksana pekerjaan PT Belibis Raya Grup dengan kontraktor pengawas PT Bayu Pratama. Waktu pelaksanaan 240 hari kalender dan waktu pemeliharaan 365 hari kalender. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *