Pelaku Usaha Pariwisata Diajak Bantu Majukan Lembata

Pelaku Usaha Pariwisata Diajak Bantu Majukan Lembata

Lembatanews.com – Pelaku usaha, terutama pelaku usaha di bidang pariwisata diharapkan ikut memberikan dukungan dan berkontribusi langsung dalam pembangunan di Kabupaten Lembata.

“Para pelaku usaha pariwisata yang ada di Lembata tidak boleh hanya menggantungkan diri kepada pemerintah, karena berbicara soal pariwisata berbicara soal bisnis, sehingga perlu dikembangkan secara mandiri agar bernilai,” kata Bupati Lembata Eliyaser Yentji Sunur dalam paparan materinya Kebijakan Pemkab Membangun Daerah dalam Perspektif Pariwisata, dalam kegiatan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata di Palm Hotel pekan lalu.

Pariwisata oleh duet kepemimpinan Yance Sunur-Thomas Ola sudah ditetapkan sebagai leading sector pembangunan di Kabupaten Lembata dan langkah pengembangan pariwisata di Lembata semakin menunjukkan titik terang.

Beragam upaya eksplorasi potensi untuk pengembangan wisata serta upaya memviralkannya melalui media sosial terus dilakukan guna meningkatkan penerimaan bagi daerah, meskipun sebagian masyarakat masih keberatan dengan beberapa langkah yang ditempuh.

Pemerintah, kata Sunur, tidak mengambil alih. Tugas pemerintah hanya memfasilitasi akses dan fasilitas di tempat-tempat yang dianggap point dari pariwisata di Lembata. Selanjutnya menjadi peran para pelaku usaha untuk bergerak secara kreatif dan inovatif.

Pelaku usaha pariwisata, urainya, masih belum memanfaatkan setiap event/festival pariwisata yang dilakukan pemerintah. “Saya harapkan dengan pelaksanaan kegiatan saat ini, seluruh pelaku usaha dapat menangkap peluang yang ada. Mudah-mudahan melalui pelatihan yang diberikan memberikan kemampuan untuk mengelola destinasi pariwisata yang ada di Lembata,” tandas Sunur. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *