Pemkab Harus Segera Atasi DAS Waikomo

Pemkab Harus Segera Atasi DAS Waikomo

Lembatanews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata harus segera mengatasi permasalahan di daerah aliran sungai (DAS) Waikomo di Kelurahan Lewoleba Barat, Kecamatan Nubatukan. Karena jika tak segera disikapi, setiap tahun banjir akan menyebabkan alur air DAS Waikomo kian melebar dan merusak lahan pertanian serta jalan di sekitar DAS Waikomo.

Pantauan Lembatanews.com di lokasi pada Jumat (28 Juni 2019) menunjukkan alur air telah melebar. Dalam musim hujan kali lalu saja banjir sudah menyebabkan badan jalan ambruk dan nyaris putus. Kalau pemerintah tak segera mengatasinya maka ruas jalan yang menghubungkan Pasar Pada-Terminal Barat Waikomo itu bakal putus total.

Kepala Dina Pekerjaan Umum dan Perhubungan Kabupaten Lembta Paskalis Tapobali menjelaskan, longsor yang merusak badan jalan, sudah terjadi beberapa kali. Saat longsor besar yang menghanyutkan badan jalan, dinas sebenarnya ingin agar langsung ditangani namun situasi di masyarakat kurang kondusif.

DAS Waikomo selama ini memang menjadi lokasi pengambilan material batu dan pasir baik oleh warga maupun pengusaha.

Dalam musrenbang, lanjutnya, pemerintah juga mendorong agar dimasukkan dalam skala prioritas.
Sedangkan untuk 2020 nanti pun diakuinya belum ada anggaran yang memadai untuk penanganan menyeluruh DAS dan ruas jalan tersebut. Sehingga, dalam perjalanan diskusi RKPD kalau ada celah baru bisa dimasukkan karena untuk penanganan butuhkan dana belasan miliar.

“Tangani DAS Waikomo dan jalan secara menyeluruh butuh dana belasan miliar karena penanganannya harus dari hulu sampai hilir,” tegasnya. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *