Perairan Selatan Lembata Marak Pemboman Ikan

Perairan Selatan Lembata Marak Pemboman Ikan
  1. Lembatanews.com – Wilayah perairan laut selatan Lembata tepatnya di wilayah Banitobo hingga perairan Waiteba di Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata marak terjadi pencurian ikan menggunakan bom. Aksi pemboman yang terjadi hampir setiap hari dalam sebulan terakhir menimbulkan amarah warga sekitar.

Warga Desa Banitobo, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata yang kesal mulai turun ke laut menjaga perairan sambil membawa parang, busur dan panah.

Ignas Koda, warga Desa Banitobo di Lewoleba, Senin (12 Agustus 2019) mengatakan, pelaku pemboman ikan tak dikenal warga. Biasanya mereka datang ke lokasi itu menggunakan perahu dan terdapat empat sampai lima perahu. Dari setiap perahu membuang bom sehingga bisa Pat sampai lima kali mereka membom di lokasi itu.

“Mereka bom juga lihat kalau warga di pantai hanya dua tiga orang atau saat kami sudah pulang,” kata Koda.

Warga yang marah dengan ulah pencurian ikan itu pun tak bisa berbuat apa-apa karena khawatir mereka membawa bom

Masalah pemboman ikan itu juga sudah dilaporkan ke aparat berwajib. Sayangnya, sampai saat ini belum ada tindakan tegas terhadap para pelaku ilegal fishing itu.

Untuk itu, ia meminta pemerintah baik Pemkab Lembata maupun Pemprov NTT dapat merespons kejadian itu. Karena menurut Koda, jika dibiarkan maka biota laut di perairan itu akan hancur total. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *