Peringati Hari Perhubungan, UPBH Wunopito Gelar Aneka Kegiatan

Peringati Hari Perhubungan, UPBH Wunopito Gelar Aneka Kegiatan

Lembatanews.com – Memperingati Hari Perhubungan Nasional pada 17 September, Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Wunopito Lewoleba, Kabupaten Lembata menggelar aneka kegiatan perlombaan. Kegiatan perlombaan bersifat internal dan eksternal.

Demikian dikatakan Kepala UPBH Wunopito Lewoleba Wisma Florianus di sela-sela memantau lomba karikatur di pelataran bandara, Sabtu (14/9).

Florianus menjelaskan, kegiatan yang melibatkan pihak luar yakni lomba karikatur mengusung tema tentang bandara untuk tahu wawasan peserta tentang bandara dan fasilitas yang ada dan itu akan kelihatan dalam karikatur. Ini untuk bangkitkan minat dan bakat anak sejak usia dini.

Sedangkan untuk lomba fashion show yang melibatkan siswa SD, SMP, dan SMA, digelqr.dengan harapan biar bisa dikembangkan ke depan. Dalam lomba, lanjutnya, tidak saja tampilkan busana tapi wawasan juga diuji oleh juri yang semuanya diambil dari luar.

Sementara untuk jalan santai, jelas Florianus, melibatkan warga sekitar kompleks bandara, utusan dari Setda Lembata, dan instansi vertikal di Lembata.

“Hadir tadi dalam jalan santai Pak Sekda, ada juga dari dinas seperti BPBD, lembaga vertikal ada kejaksaan dan warga sekitar bandara. Tahun ini lebih interaktif dengan masyarakat,” kata Florianus.

Puncak kegiatan, lanjutnya, pada 17 September mendatang akan digelar apel peringatan Hari Perhubungan Nasional dan malamnya dilaksanakan syukuran.

Terkait peringatan Hari Perhubungan Nasional yang melibatkan masyarakat sekitar, lanjutnya, dimaksudkan agar keberadaan di sini diterima dan dikenal masyarakat. Selain itu memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa menggunakan transportasi udara ada regulasi yang diatur dan harus tunduk dan patuh pada regulasi demi keamanan dan keselamatan.

“Tahun ini tahun terakhir saya di sini dan akan masuki masa purna bhakti Desember 2019. Perjalanan saya selama di sini yang kurang sempurna agar pengganti bisa sempurnakan. Saya juga minta staf supaya setiap pimpinan yang datang diberi masukan karena kegiatan seperti ini baru mulai saat saya datang 2016 lalu,” katanya.

Ketua Panitia Hari Perhubungan tingkat UPBH Wunopito Lewoleba Thayib Paokuma mengatakan, rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Perhubungan sudah dimulai sejak 23 Agustus lalu sampai 17 September. Rangkaian kegiatan meliluti dua kategori perlombaan yakni internal untuk bandara dan mitra yakni Pelni berupa
Perlombaan voli, futsal, lomba makan kerupuk, lari kelerng, lomba PBB, dan lonba memindahkan tepung.

Sementara lomba yang melibatkan eksternal yakni lomba fashion show SD, SMP dan SMA. Peserta terdaftar 200 orang dan setelah dilakukan audisi pada 11 September ditetapkan sebanyak 15 peserta kategori SD, 15 peserta kategori SMP, dan 20 peserta kategori SMA lolos ke babak selanjutnya yang akan digelar pada Sabtu malam.

Sedangkan untuk lomba karikatur, yang mendaftar sebanyak 52 namun yang melakukan registrasi dan mengikuti lomba hanya sebanyak 28 orang.

“Pengumuman lomba fashion dan kartun baru akan kita umumkan sebentar makan (Sabtu Malam),” kata Paokuma.

Dijelaskannya, pada kegiatan jalan santai yang dilaksanakan Sabtu pagi melibatkan semua instansi vertikal di Lembata, perwakilan Setda, BanK BRI Bank NTT dan BNI, PT Pelni KSOP, pensiunan UPBH Wunopito, dan masyarakat. Usai jalan santai dilanjutkan pembangian dorprise dengan hadiah utama kulkas satu pintu.

Selin itu, usai jalan santai juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilaksanakan oleh BPJS dan terapi merokok yang melibatkan petugas dari Puskesmas Kota Lewoleba. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *