Permainan Rakyat Kedang Hampir Punah

Permainan Rakyat Kedang Hampir Punah

Lembatanews.com – Eman Ubuq, Koordinator Lomba Permainan Rakyat Expo Budaya Uyelewun Raya 2019 mengatakan, saat ini ada sejumlah permainan tradisional rakyat Kedang yang hampir punah. Untuk itu, dalam ajang Expo Budaya Uyelewun Raya 2019 ini panitia mempercayakan Sanggar Benimau Desa Benihading 2 untuk menggelar lomba permainan rakyat.

Dikatakannya, ada tiga jenis permainan tradisional yang dilombakan yakni Kote (gasing), Behuq Euq, dan Ai Nokil. Dari tiga permainan ini, Behuq Euq yang sudah nyaris punah.

Saat acara penyerahan hadiah lomba permainan rakyat, Eman Ubuq menyampaikan terimakasih kepada Camat Buyasuri yang merestui delapan desa untuk berpartisipasi dalam lomba permainan rakyat. Juga terima kasih kepada Camat Omesuri dan semua pihak yang dengan caranya telah membantu menyukseskan lomba permainan rakyat itu.

“Terima kasih kepada anak-anak yang sudah berpartisipasi. Hadiah sebagai motifasi dan upaya untuk melestarikan permainan rakyat yang hampir punah,” kata Ubuq.

Kepada para peserta terutama anak-anak sekolah, ia minta supaya setelah kembali mulai bermain permainan rakyat yang selama ini belum dimainkan.

“Pulang nanti anyakan kepada orangtua petminan tradisional yang selama ini kamu belum.main agar bisa munculkan permainan tradisiinal yang belum muncul supaya jangan sampai punah,” tandas Ubuq. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *