Petrus Gero: Bimtek Penguatan Kapasitas Sangat Penting

Petrus Gero: Bimtek Penguatan Kapasitas Sangat Penting
Ilustrasi. Tiga pimpinan DPRD Lembata saat berada di meja pimpinan dan membuka sidang tanpa dihadiri anggota DPRD dalam rapat paripurna beberapa waktu lalu.

Lembatanews.com – Ketua DPRD Lembata Petrus Gero menilai, bimbingan teknis (bimtek) penguatan kapasitas kelembagaan DPRD di bidang pembentukan peraturan daerah yang dilaksanakan di Jakarta selama tiga hari merupakan momentum sangat penting bagi pimpinan dan anggota Dewan untuk
mempersiapkan diri membahas ranperda yang diajukan pemerintah dan ranperda usul inisiatif Dewan. Mengingat, dalam.masa persidangan 1 ini terdapat lima Ranperda usulan Pemkab Lembata dan lima Ranperda usul inisiatif Dewan yang akan dibahas.

“Perlu dilakukan bimtek penguatan kapasitas agar seluruh pembahasan bisa berjalan baik dengan hasil yang maksimal dan berkualitas, demikian dikatakan Petrus Gero menjawab lembatanews.com, Senin, 24 Februari 2020 per telepon dari Jakarta.

Selain lima ranperda usulan pemerintah dan lima ranperda usul inisiatif Dewan, lanjut Petrus Gero, pada akhir Maret mendatang, akan pula disampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur sebagai kepala daerah.

“Untuk itu dipandang perlu untuk Dewan menyiapkan diri secara baik untuk pembahasan LKPj dan penyusunan rekomendasi atas LKPj bupati,” katanya.

Apalagi, lanjutnya, pimpinan dan anggota Dewan semuanya tidak “memiliki sertifikat khusus soal tugas pokok, fungsi dan wewenang alat kelengkapan DPRD terutama komisi-komisi.

Dia menjelaskan, sejumlah materi yang penting dalam bimtek penguatan kapasitas lembaga yakni terkait penyusunan Perda berdasarkan Permendagri Nomor 120 Tahun 2018 dan sosialisasi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2015 tentang Peraturan Perundang-Undangan. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *