Pilkada Lembata 2024, KPU Lembata Koordinasi dengan Pemda Lembata

Pilkada Lembata 2024, KPU Lembata Koordinasi dengan Pemda Lembata
Komisioner KPU Lembata foto bersama Plt Bupati Lembata Thomas Ola Langodai dan jajaran usai dialog di ruang rapat kantor Bupati Lembata, Rabu, 25 Agustus 2021.

 

Lembatanews.com – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Lembata yang dijadwalkan dilaksanakan pada 2024 sudah mulai dipersiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lembata sejak dini. Selain rutin melakukan pemutakhiran data setiap bulan, kini KPU Lembata juga mulai berkoordinasi dengan elemen terkait. Pada Rabu, 25 Agustus 2021, komisioner KPU Lembata berkesempatan audiensi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lembata Thomas Ola Langodai saat audiens dengan komisioner KPU Lembata mengatakan, barometer demokrasi di Lembata sepenuhnya berada pada genggaman kinerja KPU. Suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi termasuk setiap tahapan demokrasi dipastikan bisa berjalan jika semua pihak selalu berkoordinasi dan bekerja sama.

“Kita harus bekerja sama. KPU tidak bisa berjalan sendiri. Harus menggandeng semua stakeholder. Tujuan kita adalah masyarakat,” tegas Thomas Ola.

Pertemuan yang diinisiasi KPUD Lembata ini selain dihadiri Plt Bupati Lembata Thomas Ola, juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Paskalis Ola Tapobali, para Asisten Sekda, sejumlah kepala OPD. Hadir lengkap komisioner KPU Lembata dan Sekretaris KPU.

Pertemuan itu bertujuan menyatukan tekad dan niat untuk meminimalisir secara komprehenshif setiap permasalahan yang bakal terjadi pada tahapan pelaksanan dan pada saat Pemilu 2024 yang akan datang.

Ketua KPU Lembata Elias Keluli Making mengatakan, KPU selaku penyelenggara Pilkada menyampaikan sejumlah usulan yang bermuara pada Pilkada Jurdil (jujur dan adil) di antaranya, sinkronisasi daftar pemilih tetap (DPT) untuk menghasilkan satu data base DPT antara KPU Lembata dengan Pemkab Lembata dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lembata.

Demikian juga terkait daerah pemilihan (Dapil), terangnya, akan dilakukan penataan Dapil yang tentu juga membutuhkan anggaran untuk mewujudkannya, termasuk juga anggaran untuk penyelenggaraan Pemilu, baik tahapan awal maupun pada saat pelaksanaan Pemilu 2024.

Thomas Ola dalam arahannya memberikan penekanan pada manajemen dan tertib dan kesiapan administrasi.

“Kesiapan admistrasi kita itu menjadi penting, walaupun dalam tiap manajemen, administrasi itu bagian yang paling kecil, paling kecil tetapi ternyata dia bagian yang paling menentukan dalam sebuah organisasi,” tegas Thomas Ola. (Prokompim-Setda Lembata/tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *