PKK Didorong Lakukan Terobosan Jembatani Kebutuhan Masyarakat

PKK Didorong Lakukan Terobosan Jembatani Kebutuhan Masyarakat
Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Lembata Yuni Damayanti dan Kadis Kesehatan Lucia Sandraemukuk Ging membuka kegiatan workshop, Selasa, 10 Maret 2020.

 

Lembatanews.com – Untuk melihat esensi masalah dan priontas kebutuhan masyarakat, PKK dituntut harus mampu menjembatani apa yang dibutuhkan masyarakat dengan melakukan terobosan-terobosan yang dapat memantik inspirasi terutama fokus pada kegiatan ekonomi produktif. Bahkan, PKK Didorong menjadi pelaku pasar dengan branding lokal yang melibatkan seluruh ibu-ibu di pedesaan dan ibu ibu di Kota Lewoleba demimmenuju PKK yang mandiri.

Demikian penegasan Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur saat membuka kegiatan pelatihan ekononi produktif kepada kelompok perempuan pedesaan dan pelatihan orientasi penguatan stunting yang digagas Tim.Penggerak PKk Kabupaten Lembata di aula Palm Indah Hotel, Selasa, 10 Maret 2020.

Bupati Sunur mengukur panjang anak bawah dua tahun menggunakan tikar stunting. 

 

Dikatakannya, gerakan Pembendayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), merupakan Gerakan Nasional yang tumbuh dari oleh dan untuk masyarakat dengan pemerintah sebagai motor penggeraknya menuju terwujudnya keluarga bahagia, sejahtera, maju, dan mandiri.

“PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga untuk mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin,” kata Bupati Yentji Sunur.

Keluarga, lanjutnya, harus diupayakan menjadi sejahtera karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan.

Apabila semua keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan dan penghidupannya yang sejahtera dan harmonis, urainya, tentu akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat Lembata yang sejahtera.

Demi mewujudkan kesejahteraan keluarga tersebut, kata Bupati Sunur, PKK melalui gerakan pembangunan masyarakat memiliki peranan dan peluang yang sangat besar dalam mengisi dan mewujudkan kesejahteraan keluarga. Melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan partisipasi masyarakat, PKK menjadi ujung tombak pelaksanaan program dan kegiatan berbasis perempuan dengan melihat esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

“Kalau PKK sudah dapat mandiri, maka Pemerintah melalui Lembaga Keuangan bank maupun Koperasi terus mendorong PKK untuk memperluas akses ekonomi dan PKK menciptakan daya saing terhadap kualitas ekonomi produktif yang dilakukan PKK dari waktu ke waktu,” tegas Bupati Sunur.

Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata, terangnya, memberikan apresiasi kepada lbu Ketua bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Lembata atas terselenggarakannya kegiatan pelatihan perempuan pedesaan dalam bidang ekonomi produktif. Pemerintah mengharapkan agar Tim Penggerak PKK Kabupaten tidak bosan-bosannya melakukan kegiatan pemberdayaan keluarga. sebagai upaya bersama mewujudkan Kabupaten Lembata yang produktif dan berdaya saing untuk kesejahteraan rakyat berkelanjutan sebagaimana visi yang ingin dicapai bersama.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lembata Yuni Damayanti dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga melalui peningkatan.prlayanan, pemberdayaan dan partisipasi masyarakat, Gerakan PKK sebagai gerakan pembangunan masyarakat mempunyai peranan dan peluang sangat besar dalam mengisi dan mewujudkannya.

Pemberdayaan dimaksud, lanjut Damayanti, memiliki.makna bahwa seluruh penyelenggaraan kegiatan PKK diabdikan untuk meningkatkan taraf hidup dan menyejahterakan keluarga melalui penetapan kebijakan pelaksanaan program dan kegiatan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

“Stunting merupakan gangguan tumbuh kembang yang menyebabkan anak memiliki pertumbuhan pendek jauh dari rata-rata anak lain di sekitarnya,” kata Damayanti.

Ditambahkannya, menanggapi isu nasional tentang stunting, maka mengingat stunting merupakan indikator keberhasilan kesejahteraan, pendidikan dan pendapatan masyarakat, dan dampaknya sangat luas, maka Tim Penggerak PKK Lembata akan melaksanakan kegiatan dalam upaya mengatasi sunting di Lembata.

Kegiatan workshop stunting dan pola hidup sehat, urainya, bertujuan membangun pemahaman yang sama kepada kader PKK tentang perannya dalam upaya pencegahan stunting dengan melaksanakan berbagai kegiayan yang dijabatkan dalam sepuluh program pokok.

Kegiatan diikuti atau ketua Tim.Prnggerak PKK kecamatan, desa dan ketua kader posyandu. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *