Polres Lembata kian Gencar Perangi Kebakaran Hutan dan Lahan

Polres Lembata kian Gencar Perangi Kebakaran Hutan dan Lahan

Lembatanews.com – Aparat Kepolisian Resor (Polres) Lembata semakin gencar melaksanakan tekadnya memerangi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Lembata. Pada Selasa (20 Agustus 2019) saja, aparat Polres Lembata mampu memadamkan dua titik api masing-masing di Desa Waijarang Kecamatan Nubatukan, dan di DesaBeutaran Kecamatan Ile Ape.

Babinkamtibmas Desa Waijarang Iptu Ola Angin Leonardus, dan Ipda Aloysius Langoday yang melakukan patroli rutin dan hendak menyosialisasikan soal peningkatan kesadaran masyarakat untuk tak lagi membakar hutan dan lahan di Desa Waijarang justru langsung mendapatkan khabar adanya kebakaran di ujung kampung Waijarang.

Setelah mendapatkan informasi kebakaran dari warga, keduanya sigap turun ke titik kebakaran dan bersama warga memadamkan api yang sudah mulai melahap ilalang kering di Waijarang.

Berbekal dedaunan dari pohon sekitar lokasi kebakaran, api akhirnya berhasil dipadamkan.

Dari hasil wawancara dengan warga, sumber api diketahui berasal dari sisa kebakran yang terjadi pada Minggu (19 Agustus 2019). Api yang membakar batang pohon tak padam, dan saat angin bertiup, membawa bunga api dan membakar ilalang kering di lokasi itu.

Setelah api berhasil dipadamkan, Iptu Ola Angin Leonardus, dan Ipda Aloysius Langoday langsung mengumpulkan beberapa warga dan mengimbau warga sekitar untuk tidak membersihkan lahan tanam degan cara dibakar. Karena, dapat menimbulkan kebakaran lahan dalam skala besar dan dapat merugikan orang lain.

Polisi juga ikut terlibat dalam upaya memadamkan api yang membakar illng di padang Desa Beutaran, Kecamatan Ile Ape. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 13.00 itu terjadi saat Bhabinkamtibmas Desa Kolipadan Bripka M Saiful Hanafi bersama anggota Polsubsektor Ile Ape Brigpol M Mulyono melakukan patroli. Saat melihat ada titik api, keduanya bersama warga sekitar berupaya memadamkan api dengan fasilitas seadanya seperti menggunakan dahan kayu.

Api yang kian meluas ditambah angin yang bertiup agak kencang, menyebabkan upaya pemadaman tak berhasil dilakukan. Api yang kian membesar dan angin yang bertiup kencang menyebabkan upaya pemadaman dihentikan untuk menjaga keselamatan warga dan petugas.

Pemicu kebakaran diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang pengendara sepeda motor saat melintasi padang ilalang yang sudah mengering tersebut. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *