PT Hikam Jawab Tudingan DPRD Soal Kemampuan Finansial Tebus BBM

PT Hikam Jawab Tudingan DPRD Soal Kemampuan Finansial Tebus BBM

 

Lembatanews.com – Manajemen PT Hikam akhirnya buka suara menjawab tudingan kalangan DPRD Lembata yang menuding PT Hikam tak menebus kuota BBM bersubsidi tahun 2019 karena masalah kemampuan finansial.

Menurut Direktris PT Hikam Nurhayati saat ditemui di rumahnya di Kota Lewoleba, Jumat (31 Januari 2020), tak ditebusnya kuota BBM jenis premium dan minyak tanah pada tahun 2019 terjadi karena pada akhir tahun lalu yakni sejak September – Desember, PT Hikam selaku transportir BBM harus melayani permintaan BBM dari SPBU 03 dan SPBU 04. Karena, jika ditebus dan tak bisa diangkut akan menumpuk mengingat armada angkutan yang terbatas.

“Jadi tidak benar kalau perusahaan kami dianggap tidak sanggup untuk mendatangkan BBM. Karena sebenarnya kita tidak tebus itu karena memenuhi kuota untuk SPBU 03 dan SPBU 04,” tohok Nurhayati.

Sejauh ini, lanjutnya, PT Hikam masih sangat mampu dan itu terbukti dengan mendatangkan minitanker Sembilan Pilar untuk mengangkut BBM.

Ia juga menjelaskan soal sinyalemen Ketua Komisi 2 DPRD Lembata Laurensius Karangora terkait adanya titipan uang pengusaha untuk menebus BBM. Menurut Nurhayati, selama ini ada pengusaha yang menitipkan BBM mereka diangkut oleh transportir PT Hikam. Hanya saja, BBM yang diangkut adalah jenis BBM non subsidi. Titipan itu pun tidak setiap saat.

“Kami tidak.mungkin muat yang tidak sesuai, karena setiap proses pengangkutan dilaporkan kepada pemerintah melalui Camat Nubatukan,” terangnya..

Ia juga menjelaskan, mulai Januari ini, kuota BBM bersubsidi untuk APMS tahbdikurangi. Jika premiummselama ini dijatah 500 KL, kini telah diturunkan menjadi 300 kl. Sedangkan solar dari sebelumnya 200 KL, kini diturunkan menjadi tinggal 100 KL.

Selain itu, terhitung sejak 23 Januari, pihaknya sudah tidak lagi melayani BBM untuk SPBU 03 dan SPBU 04. BBM untuk kedua SPBU itu diangkut KM Trans Florety. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *