Pulang dari Larantuka, Satu ASN Positif Rapid Test, Bupati Minta Pemda Flotim Lakukan Penelusuran

Pulang dari Larantuka, Satu ASN Positif Rapid Test, Bupati Minta Pemda Flotim Lakukan Penelusuran

 

Lembatanews.com – Tiga orang dari 32 penumpang kapal feri KMP Ile Mandiri yang sandar di Pelabuhan Feri Waijarang, Kecamatan Nubatukan pada Rabu, 22 April 2020 malam lalu dinyatakan reaktif atau positif berdasarkan hasil rapid test. Satu di antaranya adalah ASN pada Dinas PUPR dan Perhubungan Kabupaten Lembata yang selama seminggu belakangan tinggal di Larantuka dan setelah kembali dan dirapid test ternyata reaktif.

Karena itu, Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur meminta kepada Pemerintah Kabupaten Flores Timur (Flotim) untuk melakukan penelusuran (tracking) orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan ASN dimaksud. Tracking dilakukan ubtuk memudahkan Pemkab Flotim menelusuri dan menangani jika ternyata yang bersangkutan positif berdasarkan hasil Swab.

Bupati Sunur ditemui di desa Dulitukan, Kecamatan Ile Ape usai melantik tiga penjabat kepala desa dan BPD pada Kamis, 23 April 2020 itu menjelaskan, saat ini pemerintah terus berupaya menutup seluruh jalur tikus yang digunakan para pelaku perjalanan untuk masuk ke Lembata. Seluruh desa desa yang berada di pesisir pantai telah diminta untuk menjaga daerahnya masing-masing dari masuknya para pelaku perjalanan terutama dari daerah Pandemi Covid-19.

“Tapi saat kita baru habis omong, datang lagi 20 (37) orang menumoang feri dan dapat tambahan tiga (positif rapid test) dan total jadi enam,” tegas Bupati Sunur.

Padahal, setelah berupaya menutup semua pintu masuk pelayaran dan menjalani karantina 14 hari berjalan sukses, Pemkab Lembata berencana untuk membuka akses-akses ekonomi, seperti membuka sejumlah pasar yang selama ini ditutup menyusul mewabahnya virus Corona.

Akan tetapi, dengan kembali masuknya para pelaku perjalanan dan terdapat tiga pelaku perjalanan dinyatakan positif rapid test, maka rencana membuka pasar pada pertengahan bulan Mei ini terpaksa harus ditunda lagi. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *