Pulau Siput Awololong, Surga bagi Pecinta Siput

Pulau Siput Awololong, Surga bagi Pecinta Siput
Pulau Siput Awololong difoto dari udara.

 

Lembatanews.com – Pulau pasir yang muncul di saat air pasang surut di depan Kota Lewoleba, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata ini bukan lagi tempat baru. Pulau yang dikenal dengan nama Pulau Siput Awololong ini sempat viral dalam dua tahun terakhir ini sejak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata merencanakan mega proyek pembangunan kolam apung dan Jeti apung di pulau bersiput ini.

Rencana penataan itu mendapatkan penolakan masyarakat adat yang mengklaim sebagai pemilik sah atas Pulau Siput Awololong yang menyudahi rencana mulia penataan dan konservasi yang mau dilakukan pemerintah.

Pulau Siput Awololong merupakan salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Lembata. Pulau pasir dengan aneka jenis kandungan siput di dalamnya ini memang sudah menjadi tujuan kunjungan seluruh masyarakat Lembata.

Daya tarik eksotis yang ditawarkannya mengundang decak kagum setiap orang yang berkesempatan berkunjung ke sana.

Pasir putihnya yang indah selalu membuat pengunjung beras berlama-lama dan ingin kembali berkunjung di kesempatan lain.

 

Betapa tidak, pulau pasir ini juga menyimpan rahasia masa lalu nenek moyang sebagian penghuni Lembata. Mereka mempercayai bahwa di pulau ini pernah hidup nenek moyang mereka yang terkubur di tempat ini saat terjadi bencana. Ada sebagian yang sempat lolos dari intaian maut dan menyelamatkan diri ke Pulau Lembata dan kini menjadi pemilik atas pulau ini.

Berkunjung ke Pulau Siput Awololong tak terlalu sulit. Hanya dengan menyewa perahu nelayan di pesisir pantai Lewoleba dengan harga yang relatif murah, sudah bisa menjawab hasrat mengeksplore pulau pasir ini.

Berkunjung ke Lembata terasa belumlah lengkap jika Anda belum berkesempatan menjejakkan kaki di Pulau Siput Awololong. Tunggu apalagi, datang dan nikmati pesona pulau siput sambil berfoto dan memungut aneka jenis siput di tempat nan indah ini. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *