Raih Juara 2 Festival Desa Binaan Bank NTT, Kades Klemens Kwaman Dedikasikan untuk Almarhum Eliaser Yentji Sunur

Raih Juara 2 Festival Desa Binaan Bank NTT, Kades Klemens Kwaman Dedikasikan untuk Almarhum Eliaser Yentji Sunur
Hadakewa Night Paradise, salah satu unit pariwisata yang disuport penuh dalam kerja kemitraan BUMDes Tujuh Maret Hadakewa dengan Bank NTT.

Lembatanews.com – Desa Hadakewa di Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata kembali mengharumkan nama Lembata di tingkat Provinsi NTT. Lewat kerja keras dan kemitraan yang dibangun dengan Bank NTT Cabang Lewoleba, Desa Hadakewa berhasil menyabet juara 2 dalam Festival Desa Binaan Bank NTT yang diumumkan pada Sabtu, 17 Juli 2021. Semenit setelah diumumkan meraih juara, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laskodat pun tampil ke panggung menyampaikan berita duka meninggalnya Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur.

“Saya waktu itu senang hanya satu menit saja, dan langsung berubah jadi kesedihan. Pak Bupati suport untuk Hadakewa sangat luar biasa. Karena itu, hasil kejuaraan ini saya dan masyarakat Desa Hadakewa persembahkan untuk Pak Bupati. Saya yakin beliau juga senang. Beliau tentu bangga. Inilah persembahan saya untuk beliau,” kata Kepala Desa Hadakewa Klemens Kwaman kepada lembatanews.com, Senin, 19 Juli 2021.

Selama ini, kata Klemens Kwaman, Bupati Eliaser Yentji Sunur sangat mendukung program dan kerja-kerja di Desa Hadakewa. Karenanya, ia pun sangat kehilangan dan lupa merayakan raihan prestasi yang diterima dan pada Senin, 19 Juli baru dapat ia publikasikan dan umumkan kepada publik melalui laman Facebook.

“Saya baru bisa rayakan dan umumkan ke masyarakat hari ini bahwa ini persembahan saya dan masyarakat Hadakewa untuk beliau atas perhatiannya untuk Hadakewa selama ini. Saya pikir beliau senang, beliau bangga, karena setelah dengar juara baru beliau hembuskan nafas terakhir. Jadi saya pikir beliau banggalah,” kata Klemens Kwaman dengan suara serak.

Ia mengisahkan, sejak dua bulan lalu, Desa Hadakewa dipilih oleh Bank NTT Lewoleba sebagai salah satu perwakilan Lembata mengikuti Festival Desa Binaan Bank NTT. Dalam festival tersebut, tim juri menilai kerja sama dan kemitraan yang sudah dibangun selama ini bersama Bank NTT.

Di antaranya pembayaran menggunakan aplikasi Kris, pembayaran gaji karyawan di unit pariwisata melalui Bank NTT, serta suport Bank NTT terhadap Hadakewa berupa pembuatan papan nama, Desan dan pembiayaan pembangunan lopo, serta desain dan penyiapan kemasan ikan teri berlogo Bank NTT.

“Bahkan ke depan, Bank NTT akan menyiapkan lima unit kayak untuk dukung unit pariwisata Hadakewa Night Paradise,” katanya.

Setelah melewati tahapan yang begitu panjang dan melelahkan selama kurang lebih dua bulan dalam mengikuti Festival Desa Binaan Bank NTT, akhirnya pada Sabtu, 17 Juli 2021 pengumuman kejuaraan disampaikan oleh tim juri dan Desa Hadakewa mendapat peringkat ke-2.

“Terima kasih bank NTT yang sudah memilih Desa Hadakewa sebagai desa binaan Bank NTT Cabang Lewoleba mewakili Lembata dalam mengikuti festival ini serta mendukung pengembangan BUMDes Tujuh Maret selama ini.. Semoga kerja sama ini terus kita bangun untuk pengembangan Desa Hadakewa ke depannya,” kata Klemens Kwaman.

Ia juga menyampaikan yerima.kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lembata dalam hal ini Almarhum Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur yang sudah memilih Desa Hadakewa sebagai desa tematik sehingga bisa bekerja sama dengan Bank NTT Cabang Lewoleba.

Ke depan, lanjutnya, masih ada mimpi-mimpi besar yang akan dilakukan di akhir masa jabatannya.

“Pokoknya nanti akan ada kejutan-kejutan yang akan dibuat untuk Hadakewa sebelum saya mengakhiri masa jabatan,” tandas Klemens Kwaman.

Dengan raihan Juara 2 Festival Desa Binaan Bank NTT itu, Desa Hadakewa berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp150 juta dan ke depan masih akan mendapatkan intervensi Bank NTT lewat CSR. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *