Rumah Janda Hapza Porak-Poranda Diterjang Puting Beliung

Rumah Janda Hapza Porak-Poranda Diterjang Puting Beliung
Kondisi rumah milik Napza Lompa yang rata tanah diterjang angin puting beliung pada Minggu (29 Desember 2019). Foto istimewa.

Lembatanews.com – Rumah milik ibu janda Hapza Lompa (65) di Desa Bour, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata runtuh rata tanah diterjang angin puting beliung yang melanda Pantai Waijarang dan sekitarnya pada Minggu (29 Desember 2019) sore sekitar pukul 15.30.
Beruntung dalam peristiwa naas ini, ibu Hapza lolos dari reruntuhan rumah setelah berhasil keluar lewat pintu rumah sesaat sebelum angin memporak-porandakan rumahnya.

Ketua DPRD Lembata Petrus Gero yang saat itu sedang berwisata ke Bukit Cinta dan mendengar ada informasi terjadi angin puting beliung yang meluluhlantakan rumah janda Hapza langsung turun ke lokasi kejadian.

Ia lalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Lembata, Dinas Sosial PMD, Polres Lembata, dan PLN Lembata yang kemudian langsung turun ke lokasi bencana dan melakukan tindakan di lapangan.

Terhadap langkah sigap pihak-pihak terkait itu, Petrus Gero sangat mengapresiasinya. Ia sangat senang karena semua instansi yang dihubungi merespons dengan cepat. Dari BPBD langsung turun dan melakukan identifikasi serta mengevakuasi korban ke rumah keluarganya di Lewoleba. Demikian pula dengan PLN yang langsung memperbaiki jaringan listrik di Waijarang yang sempat padam pasca bencana angin puting beliung.

Ke depan ia mengharapkan agar pemerintah melalui BPBD dan Dinas Sosial PMD dapat membantu korban terutama dalam membangun rumah tinggal untuk korban.

Kepala Pelaksana BPBD Lembata Thomas Tip Des mengatakan, setelah mengidentifikasi rumah korban dan kerusakan yang ada, diperkirakan kerugian materil mencapai Rp40 juta. Namun, itu baru perkiraan, data pastinya baru diperoleh setelah dilakukan asesmen.

Ia juga menjelaskan, korban untuk sementara diungsikan ke rumah terdekat, namun atas permintaan korban, ia diungsikan ke rumah keluarganya di Lewoleba.

Pihaknya juga siap menyalurkan bantuan logistik kepada korban. (tim Lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *