Satgas Covid-19 Ambil Sampel Swab Tenaga Kesehatan dan Pelaku Kontak Erat Pasien Covid-19

Satgas Covid-19 Ambil Sampel Swab Tenaga Kesehatan dan Pelaku Kontak Erat Pasien Covid-19
dr Lucia Shandra, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lembata

 

Lembatanews.com – Sebanyak 150 orang tenaga kesehatan dan keluarga yang kontak erat dengan pasien Covid-19 telah diambil sampel Swab oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lembata.. Sampel swab itu akan dikirim ke Kupang dan dijemput menggunakan helikopter BNPB pada Sabtu, 14 November 2020.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lembata dr Lucia Shandra, Jumat, 13 November 2020 malam di gedung Peten Ina, DPRD Lembata.

Dijelaskannya, dengan bertambahnya satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hasil Swab, maka saat ini pasien yang dirawat menjadi lima.orang. Tim Gugus Tugas telah melakukan tracking kontak erat dengan pasien Covid-19, dan telah dilakukan pengambilan sampel swab bersama tenaga kesehatan.

Tenaga kesehatan yang diambil sampel swabnya adalah para nakes yang bertugas di RSUD Lewoleba, Rumah Sakit Bukit, dan Rumah Sakit Damian, serta Puskesmas Lewoleba.

“Nakes dari tiga rumah sakit dan puskesmas itu diambil sampel swabnya karena sudah melakukan kontak erat dengan lima pasien Covid-19,” kata dr Lucia Shandra.

Sampel swab yang diambil tersebut tak dapat dilakukan pemeriksaan di Lembata mengingat ketiadaan catrick sehingga, harus dikirim ke Kupang.

Menurut rencana, sampel swab dari para tenaga kesehatan (nakes) dan pelaku kontak erat dengan pasien Covid-19 tersebut akan dijemput di Lewoleba menggunakan helikopter BNPB pada Sabtu, 14 November 2020.

Dijelaskannya saat ini selain.kekurangan catrick untuk pemerikaaan sampel swab, rumah sakit juga kekurangan tenaga medis untuk penanganan pasien Covid-19. Mengingat, tenaga medis yang sudah bertugas selama dua Minggu, harus diistirahatkan atau dirumahkan selama dua Minggu. Selain itu, petugas medis yang sudah bertugas di ruang isolasi, tidak bisa lagi ditugaskan di ruang perawatan yang lain. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *