Satu Warga Binaan Lapas Lembata Meninggal karena Covid-19

Satu Warga Binaan Lapas Lembata Meninggal karena Covid-19
Petugas dengan APD lengkap sedang menangani jenazah pasien Covid-19 warga binaan Lapas Lembata yang meninggal, Kamis, 13 Mei 2021.

 

Lembatanews.com – Satu orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Lembata yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 akhirnya meninggal dunia pada Kamis, 13 Mei 2021 sekitar pukul 17.15. korban meninggal setelah sempat dirawat di ruang isolasi RSUD Lewoleba.

Korban merupakan warga binaan yang menjalani masa pidana sejak 18 Agustus 2016 dengan perhitungan sisa pidana murni 11 November 2024.

Korban merupakan satu dari 46 narapidana yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan rapid test Antigen pada 1 Mei 2021. Ia sempat menjalani isolasi di Lapas Lembata sejak 1 Mei 2021 lalu.

“Selama menjalani isolasi mandiri narapidana tersebut mengalami demam yang gejalanya hilang timbul. Pada hari Minggu, 9 Mei 2021 pukul 20.00, narapidana ini dibawa ke UGD RSUD Lewoleba karena kondisi kesehatannya yang tidak stabil,” terang Kepala Lapas Kelas III Lembata Wisnu Saputro kepada wartawan, Kamis, 13 Mei. 2021 malam.

Setelah dilakukan observasi oleh tim dokter,lanjutnya, dokter merekomendasikan agar ia harus dirawat di ruang isolasi RSUD Lewoleba.

Pada Senin, 10 Mei 2021, dokter membutuhkan plasma darah konvalesens guna untuk penyembuhannya.

“Pihak Lapas berkoordinasi dengan keluarga dan pihak RSUD Lewoleba agar dapat membangun komunikasi dengan PMI Kupang guna mendapatkan plasma darah tersebut,” katanya.

Sesuai hasil koordinasi tersebut dijadwalkan pengiriman plasma dilakukan pada Jumat, 14 Mei 2021 karena menyesuaikan dengan jadwal penyeberangan dari Kupang ke Lembata. Sambil menunggu plasma darah tersebut tim dokter tetap mengupayakan perawatan semaksimal mungkin dengan obat-obatan serta fasilitas yang ada.

Namun, karena usia yang sudah tua dan adanya penyakit bawaan seperti hipertensi, asam urat, dan lambung, sehingga kondisinya semakin memburuk.

Ia akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis, 13 Mei 2021 pukul 17.15 dan dikebumikan sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *