Serahkan Alsintan, Sulaiman Hamzah: Jauh Sebelum Bencana, Saya Niatkan untuk Berbagi untuk Bantu Lewotanah Meski Sedikit

Serahkan Alsintan, Sulaiman Hamzah: Jauh Sebelum Bencana, Saya Niatkan untuk Berbagi untuk Bantu Lewotanah Meski Sedikit
Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Sulaiman L Hamzah (kanan baju coklat), saat berbicara di hadapan ketua kelompok sebelum menyerahkan bantuan Alsintan, Senin, 13 September 2021 di Duli Woho, Desa Tanjung Batu, Kecamatan Ile Ape.

 

Lembatanews.com – Kelompok tani di empat desa di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Bantuan dari Kementerian Pertanian RI ini merupakan perjuangan dana aspirasi anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem daerah pemilihan Papua Sulaiman L Hamzah. Bantuan berupa lima unit traktor roda empat dan tiga unit cultivator (alat menggembur tanah untuk tanaman sayur-mayur)

Penyerahan bantuan pada Senin, 13 September 2021 di lokasi pengungsian banjir bandang, Duliwoho, Desa Tanjung Batu, Kecamatan Ile Ape oleh Sulaiman Hamzah didampingi Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Lembata Hendrikus Mosa Langobelen, Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Lembata Stefanus Tapobali, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata Kanisius Tuaq, Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Lembata Longginus Lega, dan Sekretaris Bapelitbangda Bernadus Lajar.

Sulaiman Hamzah pada saat menyerahkan bantuan mengatakan, bantuan bersumber dari Dana Aspirasi anggota DPR RI dan diserahkan untuk kelompok Tani Duliwoho, Bale Alen (kedua kelompok tani ini berasal dari desa Amakaka), Kelompok tani Hode Dai asal desa Tanjung Batu, kelompok Tani Permata asal Desa Waowala, dan kelompok Tani Beutaran asal Desa Beutaran

“Jauh sebelum bencana banjir bandang, saya niatkan untuk sedikit berbagi untuk bantu Lewotanah meski sedikit. Niat itu nyambung dengan Covid dan bencana, mendesak saya untuk bisa memberi bantuan. Dan Alhamdulillah, bersama kadis dan pemerintah daerah, saya menggunakan Dana Aspirasi yang mestinya saya bawa ke dapil saya Papua, saya niatkan untuk membantu warga saya yang masih dalam suasana duka akibat bencana banjir bandang ini,” ujar Sulaiman Hamzah.

Marselinus Masen, Ketua Kelompok Bale Alen asal Desa Amakaka, mengaku gembira sebab bantuan traktor roda empat tersebut dapat membantunya meningkatkan produksi jagung dan kacang kacangan yang menjadi komoditas andalan wilayah itu.

Masen mengapresiasi niat tulus anggota DPR RI, Sulaiman L Hamzah yang rela membantu petani asal Lembata, meski bukan daerah pemilihannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lembata Kanisius Tuaq dalam kesempatan itu menyatakan kebangaan dan hormat setinggi tingginya kepada putra asal Ile Ape Kabupaten Lembata, anggota komisi IV, DPR RI, Sulaiman L. Hamzah.

“Bantuan alsintan dari Bapak Sulaiman Hamzah ini merupakan kebnaggaan kami di Lembata, beri hormat setinggi-tingginya karena berkat Dana aspirasi DPR RI ini, pak Sulaiman dapat membantu alat pertanian untuk membantu Kabupaten kita,” ujar Kadis Pertanian Kabupaten Lembata, Kanisius Tuaq.

Dikatakan, Kondisi pertanian di Lembata diwarnai tiga musim, yakni musim hujan, kering dan musim “bakar”.

“Kita harus bertekat untuk menghilangkan musim bakar hutan dan lahan pertanian. Ada 4 bulan musim hujan untuk tanam pisang, ubi, jagung, manfaatkan alat yang ada diharapkan produksi naik,” ujar Kanisius Tuaq.

Menurut Kadis pertanian, hasil produksi secara manual mencapai 3 ton, namun jika pengelolaan menggunakan teknologi pengolahan lahan, produksi harus naik menjadi 5 ton.

Kadis Pertanian berharap, sinergi antara Pemerintah dan Partai politik melalui anggota DPR RI di Senayan terus di pupuk untuk membantu Pemkab Lembata.

Sementara itu, Ketua DPD partai Nasdem Kabupaten Lembata, Hendrikus Mosa Langobelen berharap, kontribusi Para kader Nasdem di berbagai level, dapat membantu daerah ini keluar dari berbagai kemelut ekonomi akibat pandemi Covid-19 dan bencana alam yang menimpa.

Penyerahan alsintan ditandai penyerahan kunci traktor roda empat kepada lima orang ketua kelompok tani oleh anggota DPR RI dari Partai NasDem putra asli Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, yang terpilih dari Dapil Papua, Sulaiman L Hamzah. (Realese DPD Partai Nasdem/tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *