Skorsing Rapat tanpa Persetujuan Anggota, Tuai Protes

Skorsing Rapat tanpa Persetujuan Anggota, Tuai Protes
Suasana di ruang rapat Banggar Gedung Peten Ina, Selasa, 10 November 2020 usai skorsing sepihak oleh Ketua Banggar Petrus Gero.

 

Lembatanews.com – Skorsing yang dilakukan Ketua DPRD Lembata Petrus Gero saat memimpin rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Lembata, Selasa, 10 November 2020 tanpa persetujuan dari forum rapat Banggar menuai protes. Usai mengetuk palu menskorsing rapat, Petrus Gero langsung meninggalkan ruang rapat.

Melihat pimpinan langsung meninggalkan ruang rapat Banggar, anggota Banggar Anton Leumara langsung berang. Ia mempertanyakan skorsing dilakukan atas dasar apa dan atas persetujuan siapa. Sebab, sebelum menskorsing rapat, seharusnya pimpinan menanyakan terlebih dahulu kepada forum rapat baru menjatuhkan palu skorsing.

Menurut Anton Leumara, langkah menskorsing sidang tanpa dasar dan persetujuan forum rapat Banggar sangat memalukan dan tidak menghargai pemerintah yang hadir dalam rapat tersebut.

Sambil menggebrak meja, Anton Leumara meminta agar Wakil Ketua DPRD Lembata Begu Ibrahim yang mendampingi Ketua Dewan mengambil alih dan memimpin lanjut rapat.

Namun, rapat Banggar akhirnya tetap diskorsing kar na Ketua Dewan sudah meninggalkan ruang rapat, sementara Wakil Ketua Dewan Begu Ibrahim sudah meninggalkan kursi pimpinan dan berjalan keluar ruang rapat.

Tampak Petrus Bala Wukak dari Fraksi Partai Golkar mencoba menenangkan forum dan menyampaikan bawa sebelumnya pimpinan sudah sempat menyampaikan skorsing karena ada agenda kegiatan lain yang harus dihadiri. Namun, karena ia masih meminta bicara sehingga palu skorsing belum diketuk.

Rapat akhirnya tetap diskorsing dan tampak para anggota Banggar duduk berkelompok dan berdiskusi di dalam ruang rapat utama Gedung Peten Ina.

Rapat Banggar Selasa, 10 November 2020 masih dengan agenda pembahasan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) APBD 2021. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *