Sole Oha Jadi Pentas Pembuka Festival Tiga Gunung di BCL

Sole Oha Jadi Pentas Pembuka Festival Tiga Gunung di BCL

Lembatanews.com – Pentas tarian Namang Sole Oha dari komunitas Ile Ape menjadi tarian pembuka Festival Tiga Gunung (F3G) di Bukit Cinta Lembata (BCL), Desa Bour, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata pada Selasa (26 Agustus 2019).

Tarian simbol persatuan itu langsung dipentaskan usai pernyataan pembukaan F3G yang dibacakan Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langodai.

Pada acara pembukaan itu juga dilepas secara simbolis para peserta lomba tracking Gunung Ile Lewotolok dan Ile Werun.

Wabup Thomas Ola Langodai saat menyaksikan sunset di tugu love puncak BCL mengatakan, pementasan tarian Sole Oha merupakan lambang persatuan dan kesatuan ta’an to’u sebagai modal utama pembangunan di Kabupaten Lembata.

Sole Oha juga membawa pesan kerja sama dalam menyukseskan F3G dan dalam pembangunan Lembata butuh keterlibatan dan peran semua elemen agar senantiasa bersatu membangun Lembata agar kian pesat kemajuannya.

Ditanya terkait pembenahan infrastruktur pendukung pariwisata Lembata, Wabup Langodai menjelaskan bahwa dalam membangun pariwisata, tidak saja membangun objek  pariwisata tetapi juga infrastruktur  pendukung lainnya juga ikut dibangun. Pembangunan pariwisata bisa menggerakkan pembangunan di sektor-sektor lain, seperti  pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur penunjang pariwisata  seperti jalan.

Sehingga, membangun pariwisata dapat pula mendorong pembenahan  di bidang transportasi darat, laut dan udara serta penyediaan sarana transportasi yang memadai.

Pariwisata harus pula didukung sektor-sektor yang lain. Indikator pendukung seperti jalan, internet, dan komunikasi yang baik memberikan andil dalam pengembangan pariwisata.

“Orang akan berbondong-bondong kalau infrastruktur, komunikasi, transporasi, serta cinderamata disiapkan,” kata Wabup Langodai. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *